fbpx
Macam-macam Penyakit Asam Lambung dan Cara Pencegahannya

Macam-macam Penyakit Asam Lambung dan Cara Pencegahannya

      Beberapa dari kalian pernah penasaran nggak sih sama kejadian berita kesehatan belakangan ini? Setahun belakangan, kira-kira ada 2-3 berita kematian seseorang yang mengaitkan penyebabnya dengan penyakit asam lambung. 
     Faktanya, banyak dokter atau profesional kesehatan yang bilang kalau penyakit asam lambung menyebabkan kematian itu adalah hoaks ya. Tapi, kamu juga nggak boleh lengah dan meremehkan penyakit asam lambung ini. Di beberapa kasus tertentu, penyakit asam lambung itu sangat menyiksa. Ini macam-macam penyakit lambung yang harus kamu tau.

 

1. Macam-macam Penyakit Lambung

A. Tukak Lambung

     Pernah merasakan kenyerian dan perih saat setelah makan? Atau punya pengalaman feses yang berwarna hitam? Ini adalah gejala dari tukak lambung. 
     Tukak lambung terjadi karena dinding halus pada lambung kamu terluka sehingga menyebabkan iritasi. Penyebabnya bisa dari produksi cairan asam lambung yang berlebihan sehingga menekan dinding lambung secara terus menerus. Dinding lambung sebenarnya punya lapisan lendir yang berfungsi untuk memberikan perlindungan. Lapisan pelindung yang rusak menyebabkan dinding lambung terluka

B. GERD

     Pernah merasakan kenyerian dan perih saat setelah makan? Atau punya pengalaman feses yang berwarna hitam? Ini adalah gejala dari tukak lambung.
     Tukak lambung terjadi karena dinding halus pada lambung kamu terluka sehingga menyebabkan iritasi. Penyebabnya bisa dari produksi cairan asam lambung yang berlebihan sehingga menekan dinding lambung secara terus menerus. Dinding lambung sebenarnya punya lapisan lendir yang berfungsi untuk memberikan perlindungan. Lapisan pelindung yang rusak menyebabkan dinding lambung terluka.

Mencegah asam lambung
Ilustrasi GERD saat kambuh/ Freepik

C. Gastritis

     Gastritis punya gejala yang hampir sama seperti tukak lambung. Tapi, yang membedakan adalah dinding lambung mengalami peradangan menyeluruh. Penyebabnya pun karena lapisan dinding lambung yang tergerus secara terus menerus. Biasanya disebabkan karena pola hidup yang nggak sehat, terutama konsumsi rokok atau alkohol yang berlebihan. Selain hal itu, gastritis juga bisa disebabkan karena infeksi bakteri atau autoimun.

D. Gastroparesis

  Pernah merasakan kembung yang lama dan perutmu mengeras? Ini adalah tanda-tanda gastroparesis. Gangguan yang terjadi karena melambatnya otot pada lambung, sehingga perpindahan makanan dari kerongkongan hingga usus itu melambat. Perut kembung terjadi karena gas pada lambung sangat tinggi.
     Gastroparesis bisa disebabkan dari infeksi bakteri, atau produksi asam lambung yang berlebihan karena pola makan yang tidak sehat. Selain itu, kamu yang punya riwayat diabetes harus lebih berhati-hati, karena diabetes bisa menyebabkan gangguan saraf.

2. Cara Mencegah Penyakit Lambung

     Sebagai salah satu organ penting, lambung termasuk organ yang sensitif guys. Jadi penting buat kamu untuk menjalani pola makan yang sehat. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjalani pola makan yang sehat.

A. Memperbaiki Pola Makan Sehat

     Pastinya ini berita buruk kalau kalian punya habit makan yang nggak baik dari kecil. Kalau diingat-ingat, semasa kecil Ibu kita pasti akan mengingatkan tentang cara makan yang benar seperti duduk tegap saat makan, nggak boleh tiduran setelah makan, ataupun makan dalam porsi yang sangat banyak. Ini bukan mitos loh, kebiasaan makan dengan cara yang buruk bisa meningkatkan produksi asam lambung.
     Di sisi lain, produksi asam lambung juga dapat dipengaruhi oleh faktor makanan pemicu seperti

Mencegah asam lambung
Makanan pantangan bagi penderita GERD/ Aset Hotto

     Yaps ini berita buruk bagi kalian para penyuka makanan di atas. Penting bagi kamu untuk sadar kalau jenis-jenis makanan tesebut sebaiknya dihindari.

B. Mengatur Stress dan Menjaga Pikiran

    Lagi banyak masalah, putus cinta, ataupun tekanan pekerjaan nyatanya bisa meningkatkan produksi asam lambung loh. Penyebabnya adalah stress yang berlebihan. Memang, stress akan selalu ada di kehidupan kita. Tapi, penting bagi kita untuk memahami cara mengelolanya.
     Kaitan stress dan asam lambung terjadi karena hormon kortisol dan adrenalin meningkat. Hormon ini diyakini bisa meningkatkan produksi asam lambung. Selain itu, stress juga dapat menghambat pergerakan otot yang membuat otot kita di lambung menjadi rileks. Otot kerongkongan yang rileks melemahkan katup lambung sehingga resiko mengalami GERD akan naik. Itulah alasan kenapa GERD juga dekat dengan masalah kecemasan.

C. Menjaga Berat Badan Ideal

     Penderita obesitas sangat dekat dengan penyakit asam lambung. Hal ini terjadi karena kebanyakan penderita obesitas punya massa lemak yang sangat tinggi di bagian perut. Hal ini bisa memberikan penekanan pada lambung. Penting bagi penderita obesitas untuk melakukan penurunan berat badan dan menjaga tubuh dengan melakukan diet yang sehat.
     Diet sehat bisa dimulai dengan cara melakukan defisit kalori dan mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang. Sederhananya, defisit kalori adalah cara untuk mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang keluar. Kunci keberhasilan dari defisit kalori adalah memenuhi kebutuhan nutrisi dengan lengkap, terutama memenuhi kebutuhan serat per hari. Serat terbukti dapat membuat kita kenyang lebih lama. Mencegah kita untuk terus-terusan makan dan membuat lambung tidak memproduksi asam lambung secara berlebihan. Selain itu, serat terbukti juga dapat mengurangi gejala asam lambung. 
     Hotto Purto adalah minuman multigrain berserat tinggi. Terbuat dari 15 macam biji-bijian dan kacang-kacangan utuh. Hotto Purto tentu bisa jadi teman diet kamu untuk menurunkan berat badan secara aman dan sehat. Konsumsi dua kali sehari dapat memenuhi kebutuhan serat kamu sebanyak 30%.

Mencegah asam lambung
Mencegah Asam Lambung dengan Hotto Purto/ Aset Hotto

     Dapatkan segera dan jalani hidup sehat dengan Hotto Purto. Link pembelian ada di sini.