fbpx
5 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Alami

5 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Alami

    Hidup dengan percaya diri adalah salah satu cara untuk bisa meningkatkan kualitas hidup. Tapi sayangnya, banyak yang kurang sadar nih kalau percaya diri itu penting. Percaya diri itu secara nggak langsung bisa membuat hidup kita lebih baik loh, kita lebih mudah menghadapi tantangan, lebih berani untuk mengambil resiko, dan terus berkarya.Mungkin sebagian besar orang sepakat kalau ada beberapa hal yang membuat kepercayaan diri itu luncur, salah satu yang paling bisa membuatnya adalah, kegemukan.
    Di Indonesia, kelebihan berat badan termasuk masalah yang cukup serius. Selain bikin kita nggak PD, kelebihan berat badan adalah bukti tentang pola hidup yang buruk. Data dari Riskesdas menunjukkan kalau prevalensi penderita obesitas naik sebanyak 15,3 persen dari 2018. Cukup banyak sekali, mengingat obesitas adalah sumber penyakit kronis seperti diabetes, jantung, dan stroke. Yang bisa kita lakukan agar bisa bebas dari obesitas adalah menjalani pola hidup sehat, dan salah satu caranya dengan melakukan diet.

1. Pengertian Diet

     Walaupun akhir-akhir ini diet jadi tren, tapi masih banyak orang yang masih nggak ngerti arti diet nih. Diet itu bukan berarti membatasi makanan-makanan yang boleh atau nggak boleh kita makan. Juga bukan hanya mengkonsumsi satu jenis makanan aja. Simplenya nih, diet adalah pengaturan pola makan. 
    Nggak serta-merta mengatur aja, diet juga harus mempertimbangkan asupan nutrisi yang seimbang. Ini terbukti sama fenomena tren diet akhir-akhir ini. Alih-alih mengutamakan nutrisi seimbang, sekarang banyak banget metode-metode diet yang ekstrim. Hanya menggunakan gimmick “menurunkan berat badan dengan cepat”, banyak orang terjebak dengan program diet yang ujung-ujungnya pakai obat pelangsing. Ini hal yang nggak baik bagi kesehatan karena bisa aja menimbulkan efek samping untuk tubuh kita.
    Tapi sebenarnya ada kok cara cepat menurunkan berat badan secara alami. Lihat rekomendasi yang Minto buat untuk kamu.

2. Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Alami

A. Tidur yang Cukup

   Faktor utama kenapa tidur bisa membantu menurunkan berat badan adalah karena tidur memperbaiki metabolisme tubuh. Kita butuh metabolisme yang lancar agar kalori yang sudah kita penuhi dengan cepat dibakar oleh tubuh, mencegah terjadinya penumpukan lemak. Selain itu, fungsi tidur juga membantu keseimbangan hormon ghrelin dan leptin yang berfungsi sebagai pengatur rasa lapar dan kenyang  dalam tubuh. Pasti yang sering begadang can relate nih. Makanya, tidur yang berkualitas penting banget buat kita gengs.

B. Perbanyak Konsumsi Air Putih

   Saat makanan masuk ke dalam tubuh, secara nggak langsung akan ada senyawa yang mengandung racun juga ikut masuk ke tubuh. Racun yang masuk nantinya akan dinetralkan oleh hati. Proses penetralan racun membantu kita meningkatkan metabolisme. Hal ini bisa jadi hambatan kalau tubuh kita mengalami dehidrasi. Fungsi air putih membantu hati untuk melarutkan zat-zat sisa racun ke dalam bentuk urin ataupun keringat. Kalo kita mengalami dehidrasi, racun akan sulit untuk dinetralkan sehingga tubuh mengalami perlambatan metabolisme. 
     Pada proses pencernaan, air putih juga berfungsi membuat otot-otot di usus semakin aktif untuk mengeluarkan sisa-sisa racun dari tubuh kita. Ternyata, ini berefek pada hormon yang mengatur rasa lapar kita loh. Makanya ada anjuran untuk konsumsi air putih sebelum makan, karena ini membantu nafsu makan kita jadi terkendali.

Biar nggak kesusahan, kamu bisa ikuti tips biar rajin konsumsi air putih versi Minto nih:

  • Taruh tumbler atau botol minum selalu dekat kamu.
  • Biasakan minum air putih saat bangun tidur.
  • Tambah perasan lemon atau timun biar gak bosen.
  • Sesekali minum air putih dingin juga boleh kok.

Atau

Cepat menurunkan berat badan secara alami
Anjuran air putih/ Aset Hotto

C. Defisit Kalori

    Setiap manusia itu punya kebutuhan kalori yang beda-beda. Biasanya ini bergantung sama umur, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas fisik kamu setiap hari. Kalo kamu orang yang aktif banget dalam sehari pasti kamu sering merasa lapar karena kalori kamu terpakai secara optimal. Makanya, orang yang aktivitas fisiknya tinggi cenderung mempunyai bentuk tubuh yang terjaga.
     Lain hal dengan orang yang aktif, orang yang aktivitas fisiknya cenderung pasif harus mengurangi asupannya agar kalori yang masuk nggak menumpuk menjadi lemak. Lemak yang menumpuk adalah tanda kalau tubuh kita nggak mampu membakar kalori dengan efektif.

D. Kelola Pikiran dan Stress

     Mungkin sebagian besar dari kita tuh sepakat kalau makanan itu jadi pelarian saat stress. Apalagi makanan seperti junk food atau es kopi susu. Ya memang enak banget sih, tapi kalo nggak dibatasi ini bisa jadi efek buruk sama kesehatan kita. Saat stress secara nggak langsung hormon kortisol akan meningkat. Hormon kortisol yang aktif membuat tubuh meningkatkan kadar gula dan nafsu makan. 
     Tenang, hal ini bisa kita cegah kalo kita bisa meningkatkan mindfulness. Sadar kalo stress itu hal yang sudah pasti ada di setiap hidup kita. Makanya, kita harus pintar untuk mengelola stress atau istilahnya kamu harus punya coping mechanism kamu sendiri nih. Kalo kamu belum tau apa coping mechanism, mungkin kamu bisa pilih jalan keluar yang membuat kamu nyaman di bawah ini.

Cepat menurunkan berat badan secara alami
Mengelola stress/ Aset Hotto

E. Konsumsi Karbohidrat Kompleks

     Ada beberapa dari kalian pernah dengar istilah ini, “Nggak kenyang kalo nggak makan nasi”?. Pernyataan itu sih benar ya, tapi aktualnya yang beda nih. Orang Indonesia cenderung punya kebiasaan makan dengan porsi nasi yang banyak. Tentu saja, ini bisa mengaburkan kesadaran masyarakat tentang porsi makan nutrisi seimbang. Padahal, kita juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi yang lain seperti protein, lemak sehat, dan karbohidrat kompleks.
     Karbohidrat kompleks atau bisa kita sebut sebagai serat pangan punya fungsi yang baik untuk menurunkan berat badan. Asal kamu tahu, serat tuh nggak bisa dipecah jadi glukosa seperti karbohidrat sederhana atau kata lainnya serat nggak bisa diserap oleh tubuh. Serat yang nggak bisa diserap, secara nggak langsung akan dicerna secara utuh pada proses pencernaan. Ini akan membuat proses pencernaan yang berjalan lambat sehingga membuat kita merasakan kenyang lebih lama. Kalau kita merasakan kenyang yang cukup lama tentu mencegah kita untuk makan banyak atau jajan sembarangan.
     Oiya, sumber serat itu banyak kok. Serat bisa kamu temukan di jenis makanan seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian atau kacang-kacangan. Tapi, ada alternatif kok biar kamu mudah mencukupi kebutuhan serat dengan minum Hotto Purto.

3. Memenuhi Kebutuhan Serat Dengan Hotto Purto

     Hotto Purto adalah alternatif serat tambahan yang bisa kamu konsumsi di mana saja dan kapan saja. Hotto mengandung serat yang berasal dari bahan-bahan alami seperti ubi ungu, oat, dan lima belas macam biji-bijian dan kacang-kacangan. Rasanya nggak terlalu manis dan jadi solusi yang ready banget buat nemenin hari-hari kamu yang kurang serat. 
     Jadi, segera dapatkan Hotto segera di marketplace atau agen-agen terdekat kamu. Klik link ini sekarang ya.

Cepat menurunkan berat badan secara alami
Produk Hotto/ Aset Hotto