fbpx
Punya Tubuh Kurus Dengan Perbaikan Metabolisme

Punya Tubuh Kurus Dengan Perbaikan Metabolisme

     Dari sekian banyak kita punya teman, pasti ada aja nggak sih teman kita yang makannya banyak tapi nggak gemuk-gemuk. Atau kamu sendiri nih? Pernah nggak kamu merasa kalau hal itu adalah berkah dan banyak orang yang mau. Kalo ditanya rahasianya apa pasti bingung kan jawabnya gimana? Padahal, itu karena tubuh kamu punya metabolisme yang lancar. 
Pertanyaannya, gimana cara agar punya metabolisme yang lancar? Coba liat fakta-fakta tentang metabolisme di bawah ini.

1. Fakta Tentang Metabolisme

     Metabolisme adalah proses di mana tubuh mengubah makanan menjadi energi. Semakin tinggi metabolisme akan semakin banyak kalori yang dibakar tubuh, bahkan saat kamu lagi istirahat. Metabolisme yang lancar nggak hanya buat kamu bisa menjaga berat badan secara ideal aja loh, tapi juga bisa bikin tubuh kamu well-equipped untuk bekerja secara efisien. Banyak orang yang belum sadar dan membandingkan cara untuk membuat metabolisme lancar dengan satu sama lain. Padahal, metabolisme setiap orang itu berbeda. Apa aja kira-kira yang penyebab metabolisme setiap orang berbeda?

     Ada beberapa fakta yang bisa kamu cermati biar nggak “salah langkah” dalam memperbaiki metabolisme tubuh.

A. Metabolisme Laki-laki dan Perempuan Berbeda

     Alasan mengapa metabolisme laki-laki dan perempuan berbeda karena tergantung dengan seberapa intens aktivitas fisik yang dilakukan. Sehingga laki-laki memiliki proses metabolisme yang cenderung lebih lancar daripada perempuan. Hal ini dikarenakan sebagian besar laki-laki cenderung lebih aktif daripada perempuan, tapi bukan berarti perempuan juga banyak yang nggak aktif ya. Sehingga, laki-laki punya pembakaran kalori yang lebih cepat.

B. Metabolisme Cenderung Turun Seiring Bertambahnya Usia

     Perubahan hormon juga nggak bisa lepas dari penurunan metabolisme, makanya manusia di umur belasan tahun dengan manusia di atas umur 30 tahun akan punya proses pembakaran energi yang berbeda. Khususnya hormon insulin pada umur muda akan lebih aktif.
Penurunan ini terjadi karena seiring bertambahnya umur terkadang aktivitas fisik yang kita lakukan juga ikut berkurang. Secara natural, ketika usia bertambah, massa otot akan berkurang. Makanya, banyak para gym-trainer yang menganjurkan untuk memulai melakukan peningkatan latihan otot sejak umur 20an. Hal ini dilakukan agar mengurangi resiko penurunan metabolisme yang terlalu drastis dengan menjaga massa otot.

C. Massa Otot Berpengaruh Pada Proses Metabolisme

     Hal menarik yang mungkin kita baru ketahui adalah, otot akan membakar lebih banyak kalori daripada lemak. Maksudnya gini, otot akan membutuhkan lebih banyak energi untuk dijaga daripada lemak. Oleh karena itu, orang dengan otot yang lebih besar akan membakar lebih banyak kalori.
Hal ini juga mengacu kepada apa latihan fisik yang kita lakukan, kalo ngomongin konteks penurunan berat badan ada perbedaan antara fat-loss dengan weight-loss. Fat-loss sangat dianjurkan untuk menurunkan berat badan karena selain mengurangi kadar lemak metode ini akan meningkatkan massa otot. Karena otot sangat aktif untuk membakar kalori sebagai sumbernya.

Metabolisme lancar tubuh kurus
Ilustrasi otot di seluruh tubuh/ Envato

2. Manfaat Memiliki Metabolisme Lancar

     Jauh dari sekadar menurunkan berat badan, sebenarnya punya metabolisme tubuh yang lancar bisa berdampak pada kesehatan lainnya. Orang yang mengalami gangguan metabolik justru punya resiko yang tinggi terhadap penyakit kronis. Makanya, kita harus sadar kalau metabolisme yang lancar adalah kunci untuk meningkatkan kualitas hidup. Metabolisme yang lancar akan membuat tubuh kita menyerap nutrisi secara optimal. Apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan ketika punya nutrisi yang kita serap optimal?

  • Menjaga berat badan secara ideal
  • Meningkatkan kesehatan dan vitalitas tubuh secara menyeluruh
  • Menurunkan resiko penyakit kronis
     Selain itu, metabolisme yang lancar tentu akan memaksimalkan perubahan kalori yang masuk menjadi energi. Perubahan kalori yang efektif sangat penting bagi tubuh untuk mencegah kalori menumpuk menjadi lemak yang nggak baik untuk kesehatan kita.

3. Tips Meningkatkan Metabolisme

      Walaupun genetik menentukan proses metabolisme, tapi ini bukan hal yang saklek. Tenang aja, metabolisme bisa kamu tingkatkan kok. Kalau kamu cenderung punya metabolisme yang rendah ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh.

Metabolisme lancar tubuh kurus
Ilustrasi olahraga ringan pagi hari/ Envato

A. Olahraga Secara Teratur

     Minimal 30 menit jalan pagi dalam sehari itu udah bisa bantu kamu untuk membakar 250 kalori loh. Apalagi, kalau kamu kombinasikan dengan strength-training, otot kamu akan semakin terbentuk dan metabolisme akan semakin meningkat. Buat jadwal yang bisa kamu sesuaikan aja, nggak perlu yang berat-berat yang penting teratur.

B. Tidur yang Cukup

      Saat kita tidur, adalah proses di mana penyerapan nutrisi dalam tubuh akan bekerja secara optimal. Ketika tubuh bekerja secara optimal, hormon-hormon akan aktif juga untuk bekerja. Terutama hormon insulin sebagai hormon yang mengubah glukosa menjadi energi. Selain itu, tubuh yang kurang tidur akan mengganggu metabolisme lemak karena efek kadar kortisol yang meningkat. Pastinya ini akan memperlambat metabolisme.

C. Mengelola Stress Dengan Baik

     Saat kita stress, kita akan cenderung kurang bersemangat dalam menjalani hari-hari kita, menjadi mudah lelah dan nggak berenergi. Sehingga kita akan cenderung untuk malas-malasan dan nggak melakukan aktivitas.
Ditambah, ketika kita stress akan mengganggu keseimbangan hormon-hormon lainnya, terutama hormon ghrelin dan leptin yang mengatur rasa lapar. Ini penyebab kenapa kita cenderung makan banyak saat stress (stress-eating). Itulah pentingnya kita harus menjaga stress dengan baik.

D. Makan Makanan Bergizi Seimbang

     Metabolisme yang baik mampu mengoptimalkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi. Ketika nutrisi yang baik terserap ke dalam darah, pendistribusian nutrisi ke seluruh tubuh akan maksimal dan meningkatkan kesehatan kita secara menyeluruh. Makanan bergizi seimbang terdiri atas makronutrien yang lengkap. Memenuhi kebutuhan makronutrien kita penting untuk fungsi masing-masing pada proses metabolisme tubuh. Apa saja fungsi makronutrien untuk peningkatan metabolisme pada tubuh?

  • Protein punya fungsi untuk membentuk dan menjaga massa otot. Otot yang terjaga akan membakar lebih banyak kalori. Selain itu protein juga menstimulasi hormon ghrelin dan leptin agar aktif dan membuat rasa lapar kita berkurang.
  • Lemak sehat seperti omega-3 yang terkandung pada ikan salmon ataupun telur membantu meningkatkan metabolisme dengan mengurangi peradangan. Tubuh yang sering mengalami peradangan akan mengganggu proses metabolisme.
  • Karbohidrat kompleks seperti sayuran, oat, buah, ataupun biji-bijian dan kacang-kacangan akan membuat proses pencernaan berjalan lebih lambat secara optimal. Proses pencernaan yang berjalan lambat akan membuat kita kenyang lebih lama dan membantu kita untuk makan lebih sedikit kalori. Kalori yang terkontrol akan membuat lancar proses metabolisme.

4. Sereal Penunjang Kelancaran Metabolisme, Hotto Purto Jawabannya

     Hotto Purto, terbuat dari 15 macam biji-bijian dan kacang-kacangan, oat dan dikombinasikan ubi ungu jadi solusi untuk menunjang metabolisme kamu. Enaknya Hotto juga cocok dijadikan teman sarapan yang baik dan bernutrisi. Minum sebelum workout biar perut nyaman dan energi jadi lebih stabil. Hotto Purto bisa didapatkan di marketplace andalan kamu atau bisa temui di agen terdekat di kota kamu ya melalui link ini.

Metabolisme lancar tubuh kurus
Produk Hotto/ Aset Hotto