fbpx
Menghindari Pantangan Agar Asam Lambung Tidak Naik

Menghindari Pantangan Agar Asam Lambung Tidak Naik

     Pernah nggak kamu merasakan sensasi panas di dada atau tenggorokan setelah makan? Atau saat kamu lagi begadang karena overthinking di malam hari? Menyiksa dan  nggak enak banget. Kadang ditambah dengan gejala-gejala lainnya seperti perut yang kembung dan mual. Itu adalah ciri-ciri asam lambung naik.
  Kondisi ini menyebabkan cairan asam lambung yang berada pada lambung naik hingga kerongkongan. Beberapa orang yang merasakan ini mengaku kalau gejalanya itu benar-benar menyiksa, terutama saat dada yang terasa terbakar. Selain itu, perut yang mulas, batuk kering, hingga merasakan rasa pahit di mulut yang cukup lama

1. Penyebab Asam Lambung Naik

     Meskipun penyembuhan asam lambung bisa dilakukan dengan obat-obatan. Tapi ada kok cara-cara yang bisa kita lakukan agar menyembuhkan secara alami. Sebenarnya, asam lambung bisa dicegah kok. Tapi biar clear ada baiknya kamu harus memahami apa penyebab asam lambung itu terjadi. Ada beberapa indikasi kenapa asam lambung pada tubuh kita bisa naik:

A. Melemahnya LES (Lower Esophageal Sphincter)

     LES atau bisa kamu sebut sebagai katup yang tersusun atas jaringan otot berbentuk cincin. LES terletak pada ujung bagian bawah kerongkongan dan sebagai penyambung ke lambung. LES sendiri berfungsi sebagai katup penutup pada lambung setelah kita makan atau minum. 
     Sebagai katup penutup, tentu akan krusial kalau LES mengalami gangguan. Katup yang seharusnya bisa menutup secara sempurna akan melemah (rileks) sehingga cairan asam lambung perlahan dapat naik ke kerongkongan. Tentu, sifat cairan asam lambung yang panas akan menyebabkan gejala yang nggak nyaman bagi kita saat cairan tersebut naik ke kerongkongan, seperti sesak di dada.

B. Kelebihan Produksi Asam Lambung

     Memang sih, asam lambung itu dibutuhkan untuk proses penghancuran makanan pada lambung. Tapi, akan jadi bahaya kalau asam lambung diproduksi secara berlebihan. Produksi asam lambung yang berlebihan bisa berasal dari makanan yang kita makan atau stress.
     Umumnya, jumlah cairan asam lambung itu berkisar di antara 100mL. Ketika asam lambung lebih dari kadar semestinya ini akan meningkatkan volume lambung dan secara nggak langsung akan membuat kita terus bersendawa (mengingat cairan asam lambung juga memiliki gas). Lama-kelamaan asam lambung perlahan akan naik ke kerongkongan, menimbulkan gejala yang nggak nyaman.

C. Hernia Hiatus

   Familiar dengan kata-kata “suduken” nggak? Biasanya ini terjadi kalau sehabis makan lalu melakukan aktivitas berat sehingga perut terasa nyeri. Sensasi yang dirasakan penderita Hernia Hiatus akan sama dengan rasa mengalami suduken.
     Bahkan, orang yang mengalami hernia akan merasakan benjolan di sekitar perut bagian atas akibat dari lambung yang memasuki celah diafragma. Bagian atas lambung yang masuk menyebabkan penekanan pada katup LES, membuat katup LES terbuka dan beresiko menaikkan asam lambung.            Selain itu, orang yang mengalami Hernia Hiatus akan mengalami peningkatan kontraksi otot pada perutnya.

D. Kebiasaan dan Gaya Hidup

     Kalau kamu punya kebiasaan merokok dan minum alkohol ada baiknya untuk mengurangi mulai dari kamu membaca artikel ini. Efek relaksasi yang terdapat pada zat-zat di dalamnya bisa membuat LES melemah. Sebagaimana otot yang rileks nggak akan bisa untuk melakukan kontraksi sehingga enggan menutup jalur antara lambung dan kerongkongan sehingga asam lambung menjadi rentan naik.

Ilustrasi rokok/ Envato

2. Macam-macam Pantangan Asam Lambung

   Penyakit asam lambung memang dikenal dengan dua penyebab utama, pola makan dan pengelolaan pikiran. Nyatanya hal ini berkaitan satu sama lain. Maka dari itu kita wajib memperhatikan beberapa pantangan di bawah ini.

A. Pola Makan yang Buruk

     Pola makan yang buruk mengacu dengan “apa” yang kita makan. Makanan-makanan tertentu punya efek yang nggak baik bagi lambung, seperti meningkatkan produksi asam lambung, mengiritasi dinding lambung, hingga membuat luka pada lambung. Bijaknya, kamu membatasi jenis makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung di bawah ini:

pantangan asam lambung
Contoh makanan pantangan asam lambung/ Envato

B. Kebiasaan Buruk Saat Makan

     Selain pola makan yang buruk, ternyata kebiasaan makan yang buruk punya andil yang cukup besar untuk membuat asam lambung naik. Kebiasaan-kebiasaan di bawah ini cenderung kita lakukan secara nggak sadar nih. Bukan mitos belaka, jangan mulai membiasakan hal-hal di bawah ini deh:

  • Makan dengan porsi besar
  • Makan terlalu cepat
  • Rebahan setelah makan
  • Makan malam terlalu dekat dengan waktu tidur

C. Stress yang Berlebihan

   Ketika tekanan stress meningkat, ada kalanya kita mengalami masalah kecemasan. Saat kecemasan terjadi ini waktu yang kritis karena bisa menstimulasi asam lambung naik.
Pertama, saat stress tubuh akan melepaskan hormon stress seperti kortisol dan adrenalin. Hormon ini dapat meningkatkan produksi asam lambung dan melemahkan LES.
Kedua, sebagian besar orang-orang ketika mengalami stress akan mengalami gejolak yang cukup mengganggu pada bagian perut. Hal ini disebabkan peningkatan tekanan Intra-abdomen sehingga akan menimbulkan ketegangan otot pada perut. Otot yang tegang akan menekan lambung sehingga membuat asam lambung naik.

3. Tips Mencegah Asam Lambung Naik

     Pencegahan asam lambung naik memang bisa dilakukan dengan memperbaiki pola makan dan pikiran secara bertahap. Tapi sebenarnya cara-cara apa aja sih yang bisa dilakukan agar mencegah asam lambung naik?

  • Minum air putih 8 gelas sehari: Ini wajib ya. Tubuh yang terhidrasi akan membuat elektrolit dalam tubuh seimbang, termasuk kalium. Kalium penting untuk menjaga fungsi otot termasuk menguatkan otot LES pada kerongkongan.
  • Melakukan olahraga meditatif: Olahraga meditatif berarti olahraga yang fokus pada pernapasan. Pernapasan sangat penting bagi tubuh untuk mengatur ritme jantung dan membantu stress tetap terjaga. Stress yang terjaga akan mengurangi resiko asam lambung naik.
  • Memperbanyak konsumsi serat: Serat termasuk dalam jenis karbohidrat kompleks. Sebagai jenis makanan yang susah diserap oleh tubuh, serat akan membuat kita kenyang lebih lama dan mencegah untuk makan secara berlebihan sehingga produksi asam lambung bisa terkontrol dengan baik.

4. Cegah Asam Lambung Naik, Konsumsi Serat Hotto Purto

     Sebagai fungsi serat yang dapat melancarkan pencernaan, kandungan serat pada Hotto Purto adalah solusi terbaik bagi para penderita asam lambung. Serat pada Hotto Purto bisa bantu mengurangi gejala dan menurunkan resiko asam lambung kamu yang naik. Hotto Purto dapat jadi andalan kamu kalau asam lambung lagi kambuh tiba-tiba. Praktis dan bisa jadi teman on-the-go kapanpun dan dimanapun kamu berada.
     Masukin Hotto di keranjang marketplace kesayangan kamu. Link pembelian ada di sini.

pantangan asam lambung
Produk Hotto/ aset Hotto