fbpx
Menghindari Pantangan Agar Asam Lambung Tidak Naik

Menghindari Pantangan Agar Asam Lambung Tidak Naik

     Pernah nggak kamu merasakan sensasi panas di dada atau tenggorokan setelah makan? Atau saat kamu lagi begadang karena overthinking di malam hari? Menyiksa dan  nggak enak banget. Kadang ditambah dengan gejala-gejala lainnya seperti perut yang kembung dan mual. Itu adalah ciri-ciri asam lambung naik.
  Kondisi ini menyebabkan cairan asam lambung yang berada pada lambung naik hingga kerongkongan. Beberapa orang yang merasakan ini mengaku kalau gejalanya itu benar-benar menyiksa, terutama saat dada yang terasa terbakar. Selain itu, perut yang mulas, batuk kering, hingga merasakan rasa pahit di mulut yang cukup lama

1. Penyebab Asam Lambung Naik

     Meskipun penyembuhan asam lambung bisa dilakukan dengan obat-obatan. Tapi ada kok cara-cara yang bisa kita lakukan agar menyembuhkan secara alami. Sebenarnya, asam lambung bisa dicegah kok. Tapi biar clear ada baiknya kamu harus memahami apa penyebab asam lambung itu terjadi. Ada beberapa indikasi kenapa asam lambung pada tubuh kita bisa naik:

A. Melemahnya LES (Lower Esophageal Sphincter)

     LES atau bisa kamu sebut sebagai katup yang tersusun atas jaringan otot berbentuk cincin. LES terletak pada ujung bagian bawah kerongkongan dan sebagai penyambung ke lambung. LES sendiri berfungsi sebagai katup penutup pada lambung setelah kita makan atau minum. 
     Sebagai katup penutup, tentu akan krusial kalau LES mengalami gangguan. Katup yang seharusnya bisa menutup secara sempurna akan melemah (rileks) sehingga cairan asam lambung perlahan dapat naik ke kerongkongan. Tentu, sifat cairan asam lambung yang panas akan menyebabkan gejala yang nggak nyaman bagi kita saat cairan tersebut naik ke kerongkongan, seperti sesak di dada.

B. Kelebihan Produksi Asam Lambung

     Memang sih, asam lambung itu dibutuhkan untuk proses penghancuran makanan pada lambung. Tapi, akan jadi bahaya kalau asam lambung diproduksi secara berlebihan. Produksi asam lambung yang berlebihan bisa berasal dari makanan yang kita makan atau stress.
     Umumnya, jumlah cairan asam lambung itu berkisar di antara 100mL. Ketika asam lambung lebih dari kadar semestinya ini akan meningkatkan volume lambung dan secara nggak langsung akan membuat kita terus bersendawa (mengingat cairan asam lambung juga memiliki gas). Lama-kelamaan asam lambung perlahan akan naik ke kerongkongan, menimbulkan gejala yang nggak nyaman.

C. Hernia Hiatus

   Familiar dengan kata-kata “suduken” nggak? Biasanya ini terjadi kalau sehabis makan lalu melakukan aktivitas berat sehingga perut terasa nyeri. Sensasi yang dirasakan penderita Hernia Hiatus akan sama dengan rasa mengalami suduken.
     Bahkan, orang yang mengalami hernia akan merasakan benjolan di sekitar perut bagian atas akibat dari lambung yang memasuki celah diafragma. Bagian atas lambung yang masuk menyebabkan penekanan pada katup LES, membuat katup LES terbuka dan beresiko menaikkan asam lambung.            Selain itu, orang yang mengalami Hernia Hiatus akan mengalami peningkatan kontraksi otot pada perutnya.

D. Kebiasaan dan Gaya Hidup

     Kalau kamu punya kebiasaan merokok dan minum alkohol ada baiknya untuk mengurangi mulai dari kamu membaca artikel ini. Efek relaksasi yang terdapat pada zat-zat di dalamnya bisa membuat LES melemah. Sebagaimana otot yang rileks nggak akan bisa untuk melakukan kontraksi sehingga enggan menutup jalur antara lambung dan kerongkongan sehingga asam lambung menjadi rentan naik.

Ilustrasi rokok/ Envato

2. Macam-macam Pantangan Asam Lambung

   Penyakit asam lambung memang dikenal dengan dua penyebab utama, pola makan dan pengelolaan pikiran. Nyatanya hal ini berkaitan satu sama lain. Maka dari itu kita wajib memperhatikan beberapa pantangan di bawah ini.

A. Pola Makan yang Buruk

     Pola makan yang buruk mengacu dengan “apa” yang kita makan. Makanan-makanan tertentu punya efek yang nggak baik bagi lambung, seperti meningkatkan produksi asam lambung, mengiritasi dinding lambung, hingga membuat luka pada lambung. Bijaknya, kamu membatasi jenis makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung di bawah ini:

pantangan asam lambung
Contoh makanan pantangan asam lambung/ Envato

B. Kebiasaan Buruk Saat Makan

     Selain pola makan yang buruk, ternyata kebiasaan makan yang buruk punya andil yang cukup besar untuk membuat asam lambung naik. Kebiasaan-kebiasaan di bawah ini cenderung kita lakukan secara nggak sadar nih. Bukan mitos belaka, jangan mulai membiasakan hal-hal di bawah ini deh:

  • Makan dengan porsi besar
  • Makan terlalu cepat
  • Rebahan setelah makan
  • Makan malam terlalu dekat dengan waktu tidur

C. Stress yang Berlebihan

   Ketika tekanan stress meningkat, ada kalanya kita mengalami masalah kecemasan. Saat kecemasan terjadi ini waktu yang kritis karena bisa menstimulasi asam lambung naik.
Pertama, saat stress tubuh akan melepaskan hormon stress seperti kortisol dan adrenalin. Hormon ini dapat meningkatkan produksi asam lambung dan melemahkan LES.
Kedua, sebagian besar orang-orang ketika mengalami stress akan mengalami gejolak yang cukup mengganggu pada bagian perut. Hal ini disebabkan peningkatan tekanan Intra-abdomen sehingga akan menimbulkan ketegangan otot pada perut. Otot yang tegang akan menekan lambung sehingga membuat asam lambung naik.

3. Tips Mencegah Asam Lambung Naik

     Pencegahan asam lambung naik memang bisa dilakukan dengan memperbaiki pola makan dan pikiran secara bertahap. Tapi sebenarnya cara-cara apa aja sih yang bisa dilakukan agar mencegah asam lambung naik?

  • Minum air putih 8 gelas sehari: Ini wajib ya. Tubuh yang terhidrasi akan membuat elektrolit dalam tubuh seimbang, termasuk kalium. Kalium penting untuk menjaga fungsi otot termasuk menguatkan otot LES pada kerongkongan.
  • Melakukan olahraga meditatif: Olahraga meditatif berarti olahraga yang fokus pada pernapasan. Pernapasan sangat penting bagi tubuh untuk mengatur ritme jantung dan membantu stress tetap terjaga. Stress yang terjaga akan mengurangi resiko asam lambung naik.
  • Memperbanyak konsumsi serat: Serat termasuk dalam jenis karbohidrat kompleks. Sebagai jenis makanan yang susah diserap oleh tubuh, serat akan membuat kita kenyang lebih lama dan mencegah untuk makan secara berlebihan sehingga produksi asam lambung bisa terkontrol dengan baik.

4. Cegah Asam Lambung Naik, Konsumsi Serat Hotto Purto

     Sebagai fungsi serat yang dapat melancarkan pencernaan, kandungan serat pada Hotto Purto adalah solusi terbaik bagi para penderita asam lambung. Serat pada Hotto Purto bisa bantu mengurangi gejala dan menurunkan resiko asam lambung kamu yang naik. Hotto Purto dapat jadi andalan kamu kalau asam lambung lagi kambuh tiba-tiba. Praktis dan bisa jadi teman on-the-go kapanpun dan dimanapun kamu berada.
     Masukin Hotto di keranjang marketplace kesayangan kamu. Link pembelian ada di sini.

pantangan asam lambung
Produk Hotto/ aset Hotto
Cara Menghilangkan Stress Penyebab Nyeri Dada

Cara Menghilangkan Stress Penyebab Nyeri Dada

     Susah untuk disangkal, tapi kadang ada beberapa gejala penyakit di tubuh kita itu yang disebabkan karena permasalahan medis. Nggak, Minto nggak bermaksud juga tentang hal-hal mistis. Ada kalanya, kita pernah dengan cerita orang-orang atau mungkin kita sendiri ketika periksa ke dokter nggak dapet pencerahan medis, malahan dokter menyarankan kita untuk bepergian, atau rehat dari pekerjaan sejenak. Yaps, karena pusat masalahnya ada pada faktor psikologis. Hal ini disebabkan karena kurangnya kesadaran kita tentang bagaimana cara mengatur stress yang baik.
     Stress punya peran penting dalam tubuh kita, walaupun kebanyakan menghambat tapi ada baiknya kita juga punya stress, seperti untuk memotivasi diri. Tapi sayangnya nih, kebanyakan manusia cenderung susah untuk mengelolanya. Alih-alih termotivasi, stress malah menyebabkan kita mengalami gangguan-gangguan yang bikin kita nggak nyaman, seperti gangguan fisik yang muncul.

1. Gejala Fisik Saat Stress Datang

     Nyeri dada adalah salah satu gejala umum yang paling banyak dirasakan oleh orang-orang ketika mengalami stress. Kerennya nih, reaksi ini murni terjadi di luar kesadaran kita.
    Saat kita stress, secara otomatis tubuh akan bereaksi secara “fight-or-flight” yang membuat hormon adrenalin dan kortisol dilepas. Saat kedua hormon ini dilepas, tekanan darah akan meningkat dan membuat aliran darah berjalan lebih cepat. Sebenarnya ini adalah hal yang umum terjadi. Tetapi hal ini banyak menimbulkan perasaan yang nggak nyaman. Stress akan memberikan sensasi sesak dada yang luar biasa. Ketika hal ini terjadi, ada dua kemungkinan dari mana sesak pada dada itu berasal.

A. Nyeri Dada Karena GERD

     Gerd atau nama lainnya Gastro-Esophageal Reflux Disease adalah kondisi di mana cairan asam lambung yang naik hingga ke kerongkongan. Secara diagnosa, selain kebiasaan makan yang buruk ternyata stress juga berpengaruh untuk meningkatkan aktivitas produksi cairan asam lambung. Produksi asam lambung yang semakin meningkat akan memenuhi volume lambung dan bergerak ke atas.
     Selain itu, hormon kortisol juga berperan membuat otot-otot tubuh menjadi rileks, terutama pada otot kerongkongan bagian bawah. Sayangnya, otot ini punya peran penting sebagai katup pembuka-penutup antara lambung dan kerongkongan. Otot kerongkongan yang melemah akan membuat katup tidak bisa menutup secara sempurna dan asam lambung akan naik ke kerongkongan. Orang yang mengalami GERD pasti selalu mengeluhkan dada yang terbakar

B. Nyeri Dada Karena Sesak Napas

     Saat hormon adrenalin terlepas, akan membuat jantung bekerja dengan memompa darah lebih cepat. Otomatis, semakin cepat juga pernapasan kita. Saat kita mengalami percepatan pernapasan, ini akan menimbulkan efek hiperventilasi. Keadaan dimana kadar karbondioksida dalam darah menurun yang membuat kita menjadi sesak napas, pusing, bahkan kesemutan dari kepala hingga kaki.
    Di saat-saat tertentu, stress yang nggak kunjung selesai akan membuat kita mengalami kecemasan. Ketika cemas kita akan susah untuk berpikir jernih, membuat kita overthinking berlebihan. Biasanya ini jadi fase “kritis” karena kita akan menjadi takut. Efek dari ketakutan yang kita rasakan biasanya berbentuk sesak napas, pusing, dan jantung berdebar-debar.
     Nggak heran, banyak yang menganggap stress itu “momok”, nggak berwujud tapi yang kita rasakan itu nyata. Stress itu akan selalu ada, dan yang penting adalah bagaimana kita bisa atur strategi untuk mengelolanya.

2. Cara Mengelola Stress

     Kalo kamu bingung cara kelola stress, sebenarnya ada dua cara yang bisa kamu lakukan. Disclaimer dulu nih, dua cara ini sebaiknya kamu lakukan secara kombinasi ya, nggak hanya melakukan salah satu aja. Biasanya disebut sebagai coping mechanism.

Nyeri dada karena stress
Strategi koping/ Aset Hotto

A. Emotion Focused Coping

    Cara pertama yang bisa kita lakukan adalah pengendalian emosi. Emosi ini berkaitan bagaimana kita merespon suatu keadaan yang memicu stress kamu dengan perasaan dan reaksi yang terkontrol. Oke, yuk kita coba peragakan. 
     Sewaktu kamu pergi ke kantor, tiba-tiba ada kecelakaan yang terjadi di depan kamu. Secara nggak sengaja, kamu terjebak di jalan dan nggak bisa dateng ke kantor tepat waktu. Di sisi lain, ada meeting yang harus kamu datangi. Kamu mengalami perasaan campur aduk, dari kesal, bingung hingga panik. Respon yang kamu lakukan pertama kali adalah teriak sekencang-kencangnya jadinya ini akan membuat kamu sedikit lebih tenang. Lalu, kamu mulai mengatur napas secara perlahan. Hal-hal yang kamu lakukan adalah contoh dari emotion focused coping. Respon yang kamu lakukan dengan mengelola perasaan dan reaksi kamu. Ini hal yang wajar dan nggak ada salahnya kok.

B. Problem Focused Coping

     Perlahan saat kamu mulai tenang, kamu sadar kalau ada masalah yang belum selesai. Membuat lancar lalu lintas bukan hal yang bisa kamu kendalikan. Jadi kamu mulai mencari cara biar meetingnya tetap jalan. 
     Lalu, kamu mulai menelpon atasan kamu dan menceritakan tentang keadaan yang kamu alami saat ini. Kamu meminta untuk meeting agar ditunda dalam satu jam kedepan. Atasan kamu menyetujui dan akhirnya meeting pun ditunda. Akhirnya, masalah yang menjadi sumber stress kamu terselesaikan dan kamu menjadi lebih tenang. Ketika kamu mencoba menyelesaikan inti masalah dari sumber stress berarti kamu telah melakukan strategi kedua yaitu problem focused coping. 
     Kedua strategi ini adalah bentuk dari coping mechanism atau cara agar kita bisa mengelola stress secara baik. Selain itu, agar kamu tetap bisa mengontrol kadar stress di tubuh kamu secara baik, kamu perlu juga membiasakan aktivitas-aktivitas yang bisa membantu meredakan stress.

3. Aktivitas Pereda Stress

      Ada beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk meringankan beban pikiran kamu setiap hari:

A. Bepergian

     Bepergian bisa meningkatkan aktivitas fisik yang membantu kita melepaskan hormon endorfin yang dapat meningkatkan mood. Selain itu, kita akan lebih punya banyak waktu untuk fokus dan memikirkan tentang kualitas hidup.

B. Berbicara ke Orang yang Dipercaya

     Hal ini akan membuat kamu mendapatkan dukungan sosial dan emosional. Ketika kita mendapatkan dukungan kita akan merasa senang kan? Membuat kita lebih sadar tentang self-esteem pada diri kita.

C. Menulis Jurnal

    Menulis bisa jadi salah satu hal yang paling jitu untuk meredakan stress. Kita akan lebih leluasa untuk jujur tentang hal-hal yang kita rasakan. Membantu kita melihat masalah dari sudut pandang lain juga.

Nyeri dada karena stress
Ilustrasi menulis jurnal/ Envato

D. Makan

     Makanan terbukti bisa meningkatkan hormon serotonin dan dopamin yang dikenal sebagai hormon kebahagiaan. Terutama dengan mengonsumsi makanan yang punya kadar glikemiks rendah. Secara nggak langsung hal ini akan menstabilkan gula darah. Kadar gula darah yang fluktuatif dalam tubuh cenderung membuat kita rawan terkena stress karena sulit berkonsentrasi dan mudah kelelahan.
     Jenis makanan yang punya kadar glikemiks rendah bisa kamu temukan di pada makanan yang punya kandungan serat yang tinggi. Selain sayuran, buah-buahan, kamu bisa konsumsi Hotto Purto sebagai alternatif makanan tinggi serat. Praktis dan siap diminum kapan dan di mana aja!
Kamu bisa temukan Hotto di agen-agen terdekat di kota kamu, atau kalau mau yang lebih simple. Taruh Hotto di keranjang lalu check out lewat marketplace kamu di link ini yah.

Nyeri dada karena stress
Produk Hotto/ Aset Hotto
Punya Tubuh Kurus Dengan Perbaikan Metabolisme

Punya Tubuh Kurus Dengan Perbaikan Metabolisme

     Dari sekian banyak kita punya teman, pasti ada aja nggak sih teman kita yang makannya banyak tapi nggak gemuk-gemuk. Atau kamu sendiri nih? Pernah nggak kamu merasa kalau hal itu adalah berkah dan banyak orang yang mau. Kalo ditanya rahasianya apa pasti bingung kan jawabnya gimana? Padahal, itu karena tubuh kamu punya metabolisme yang lancar. 
Pertanyaannya, gimana cara agar punya metabolisme yang lancar? Coba liat fakta-fakta tentang metabolisme di bawah ini.

1. Fakta Tentang Metabolisme

     Metabolisme adalah proses di mana tubuh mengubah makanan menjadi energi. Semakin tinggi metabolisme akan semakin banyak kalori yang dibakar tubuh, bahkan saat kamu lagi istirahat. Metabolisme yang lancar nggak hanya buat kamu bisa menjaga berat badan secara ideal aja loh, tapi juga bisa bikin tubuh kamu well-equipped untuk bekerja secara efisien. Banyak orang yang belum sadar dan membandingkan cara untuk membuat metabolisme lancar dengan satu sama lain. Padahal, metabolisme setiap orang itu berbeda. Apa aja kira-kira yang penyebab metabolisme setiap orang berbeda?

     Ada beberapa fakta yang bisa kamu cermati biar nggak “salah langkah” dalam memperbaiki metabolisme tubuh.

A. Metabolisme Laki-laki dan Perempuan Berbeda

     Alasan mengapa metabolisme laki-laki dan perempuan berbeda karena tergantung dengan seberapa intens aktivitas fisik yang dilakukan. Sehingga laki-laki memiliki proses metabolisme yang cenderung lebih lancar daripada perempuan. Hal ini dikarenakan sebagian besar laki-laki cenderung lebih aktif daripada perempuan, tapi bukan berarti perempuan juga banyak yang nggak aktif ya. Sehingga, laki-laki punya pembakaran kalori yang lebih cepat.

B. Metabolisme Cenderung Turun Seiring Bertambahnya Usia

     Perubahan hormon juga nggak bisa lepas dari penurunan metabolisme, makanya manusia di umur belasan tahun dengan manusia di atas umur 30 tahun akan punya proses pembakaran energi yang berbeda. Khususnya hormon insulin pada umur muda akan lebih aktif.
Penurunan ini terjadi karena seiring bertambahnya umur terkadang aktivitas fisik yang kita lakukan juga ikut berkurang. Secara natural, ketika usia bertambah, massa otot akan berkurang. Makanya, banyak para gym-trainer yang menganjurkan untuk memulai melakukan peningkatan latihan otot sejak umur 20an. Hal ini dilakukan agar mengurangi resiko penurunan metabolisme yang terlalu drastis dengan menjaga massa otot.

C. Massa Otot Berpengaruh Pada Proses Metabolisme

     Hal menarik yang mungkin kita baru ketahui adalah, otot akan membakar lebih banyak kalori daripada lemak. Maksudnya gini, otot akan membutuhkan lebih banyak energi untuk dijaga daripada lemak. Oleh karena itu, orang dengan otot yang lebih besar akan membakar lebih banyak kalori.
Hal ini juga mengacu kepada apa latihan fisik yang kita lakukan, kalo ngomongin konteks penurunan berat badan ada perbedaan antara fat-loss dengan weight-loss. Fat-loss sangat dianjurkan untuk menurunkan berat badan karena selain mengurangi kadar lemak metode ini akan meningkatkan massa otot. Karena otot sangat aktif untuk membakar kalori sebagai sumbernya.

Metabolisme lancar tubuh kurus
Ilustrasi otot di seluruh tubuh/ Envato

2. Manfaat Memiliki Metabolisme Lancar

     Jauh dari sekadar menurunkan berat badan, sebenarnya punya metabolisme tubuh yang lancar bisa berdampak pada kesehatan lainnya. Orang yang mengalami gangguan metabolik justru punya resiko yang tinggi terhadap penyakit kronis. Makanya, kita harus sadar kalau metabolisme yang lancar adalah kunci untuk meningkatkan kualitas hidup. Metabolisme yang lancar akan membuat tubuh kita menyerap nutrisi secara optimal. Apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan ketika punya nutrisi yang kita serap optimal?

  • Menjaga berat badan secara ideal
  • Meningkatkan kesehatan dan vitalitas tubuh secara menyeluruh
  • Menurunkan resiko penyakit kronis
     Selain itu, metabolisme yang lancar tentu akan memaksimalkan perubahan kalori yang masuk menjadi energi. Perubahan kalori yang efektif sangat penting bagi tubuh untuk mencegah kalori menumpuk menjadi lemak yang nggak baik untuk kesehatan kita.

3. Tips Meningkatkan Metabolisme

      Walaupun genetik menentukan proses metabolisme, tapi ini bukan hal yang saklek. Tenang aja, metabolisme bisa kamu tingkatkan kok. Kalau kamu cenderung punya metabolisme yang rendah ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh.

Metabolisme lancar tubuh kurus
Ilustrasi olahraga ringan pagi hari/ Envato

A. Olahraga Secara Teratur

     Minimal 30 menit jalan pagi dalam sehari itu udah bisa bantu kamu untuk membakar 250 kalori loh. Apalagi, kalau kamu kombinasikan dengan strength-training, otot kamu akan semakin terbentuk dan metabolisme akan semakin meningkat. Buat jadwal yang bisa kamu sesuaikan aja, nggak perlu yang berat-berat yang penting teratur.

B. Tidur yang Cukup

      Saat kita tidur, adalah proses di mana penyerapan nutrisi dalam tubuh akan bekerja secara optimal. Ketika tubuh bekerja secara optimal, hormon-hormon akan aktif juga untuk bekerja. Terutama hormon insulin sebagai hormon yang mengubah glukosa menjadi energi. Selain itu, tubuh yang kurang tidur akan mengganggu metabolisme lemak karena efek kadar kortisol yang meningkat. Pastinya ini akan memperlambat metabolisme.

C. Mengelola Stress Dengan Baik

     Saat kita stress, kita akan cenderung kurang bersemangat dalam menjalani hari-hari kita, menjadi mudah lelah dan nggak berenergi. Sehingga kita akan cenderung untuk malas-malasan dan nggak melakukan aktivitas.
Ditambah, ketika kita stress akan mengganggu keseimbangan hormon-hormon lainnya, terutama hormon ghrelin dan leptin yang mengatur rasa lapar. Ini penyebab kenapa kita cenderung makan banyak saat stress (stress-eating). Itulah pentingnya kita harus menjaga stress dengan baik.

D. Makan Makanan Bergizi Seimbang

     Metabolisme yang baik mampu mengoptimalkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi. Ketika nutrisi yang baik terserap ke dalam darah, pendistribusian nutrisi ke seluruh tubuh akan maksimal dan meningkatkan kesehatan kita secara menyeluruh. Makanan bergizi seimbang terdiri atas makronutrien yang lengkap. Memenuhi kebutuhan makronutrien kita penting untuk fungsi masing-masing pada proses metabolisme tubuh. Apa saja fungsi makronutrien untuk peningkatan metabolisme pada tubuh?

  • Protein punya fungsi untuk membentuk dan menjaga massa otot. Otot yang terjaga akan membakar lebih banyak kalori. Selain itu protein juga menstimulasi hormon ghrelin dan leptin agar aktif dan membuat rasa lapar kita berkurang.
  • Lemak sehat seperti omega-3 yang terkandung pada ikan salmon ataupun telur membantu meningkatkan metabolisme dengan mengurangi peradangan. Tubuh yang sering mengalami peradangan akan mengganggu proses metabolisme.
  • Karbohidrat kompleks seperti sayuran, oat, buah, ataupun biji-bijian dan kacang-kacangan akan membuat proses pencernaan berjalan lebih lambat secara optimal. Proses pencernaan yang berjalan lambat akan membuat kita kenyang lebih lama dan membantu kita untuk makan lebih sedikit kalori. Kalori yang terkontrol akan membuat lancar proses metabolisme.

4. Sereal Penunjang Kelancaran Metabolisme, Hotto Purto Jawabannya

     Hotto Purto, terbuat dari 15 macam biji-bijian dan kacang-kacangan, oat dan dikombinasikan ubi ungu jadi solusi untuk menunjang metabolisme kamu. Enaknya Hotto juga cocok dijadikan teman sarapan yang baik dan bernutrisi. Minum sebelum workout biar perut nyaman dan energi jadi lebih stabil. Hotto Purto bisa didapatkan di marketplace andalan kamu atau bisa temui di agen terdekat di kota kamu ya melalui link ini.

Metabolisme lancar tubuh kurus
Produk Hotto/ Aset Hotto
Sindrom Iritasi Usus Besar (IBS) vs Radang Usus (IBD), Mana yang Lebih Berbahaya?

Sindrom Iritasi Usus Besar (IBS) vs Radang Usus (IBD), Mana yang Lebih Berbahaya?

     Pernah nggak kamu sadar kalau lancar buang air besar itu sungguh nikmat dunia yang nggak bisa kita lewatkan. Karena biasanya kalau kita lagi bingung, BAB bisa jadi jalan keluar untuk kita menemukan ide. Kalo minto tanya, seberapa sering kamu buang air besar dalam seminggu? Kira-kira lebih atau kurang dari tiga kali dalam seminggu? Bayangin aja, kalo kamu cuma BAB kurang dari tiga kali seminggu, pasti kamu susah banget dapet ide. Bercanda tapi nggak bercanda juga sih gengs, nyatanya ada kok cerita orang-orang yang jarang banget melakukan buang air besar. Bahkan, rekor yang Minto temui ada orang yang BAB cuma dua kali dalam satu bulan.

bahaya gangguan pencernaan dan cara mencegahnya
Ilustrasi Buang Air Besar/ Freepik

     Kalau ini terjadi di kamu, please kamu harus tau kalau ini tanda bahaya. Sembelit bisa aja jadi ciri-ciri kamu sedang mengalami iritasi usus besar (IBS) atau bahkan radang usus besar (IBD). Kedua hal ini memang beda sih, tapi pertanyaannya mana yang lebih berbahaya? Ada baiknya kamu mengenal dulu tentang kedua penyakit ini.

1. Pengertian Sindrom Iritasi Usus Besar (IBS)

  Sindrom iritasi usus besar bisa diartikan sebagai gangguan fungsional pada usus besar. Sederhananya gini, usus besar sedang mengalami masalah tapi physically ngga ada kerusakan atau kelainan. Dengan kata lain, sindrom iritasi usus besar berarti keadaan di mana usus kamu mengalami kegalauan yang luar biasa.
     Faktanya, IBS ini penyakit yang cukup umum terjadi di antara umur 20 hingga 30 tahun dan lebih didominasi oleh penderita wanita. Kenapa kebanyakan terjadi pada rentang umur tertentu dan wanita alasannya coba Minto bantu jelaskan di bawah ya.

A. Penyebab Sindrom Iritasi Usus Besar (IBS)

     Walaupun belum banyak yang bisa memastikan, akan tetapi banyak yang meyakini kalau penyebab utama sindrom iritasi usus besar adalah faktor psikologis. Hal ini berkaitan karena usus hubungan spesial dengan organ utama kita, otak. Usus punya banyak banget saraf yang terhubung langsung ke otak, sekitar 100 juta saraf. Ini jadi bukti kadang-kadang kalau kita lagi grogi menghadapi sesuatu ada aja kita mengalami hal-hal yang nggak banget, seperti kebelet buang air besar yang tiba-tiba, atau mual yang berlebihan.
     Selain itu, ada beberapa pendapat kalau sindrom iritasi usus besar bisa disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini:

  • Kontraksi usus yang abnormal
  • Keadaan bakteri yang nggak seimbang di dalam usus
  • Perubahan hormon yang fluktuatif (alasan mengapa IBS sering dialami wanita karena punya siklus menstruasi)

B. Gejala Sindrom Iritasi Usus Besar (IBS)

    Setiap orang pasti memiliki gejala yang berbeda-beda, akan tetapi saat mengalami IBS ada beberapa contoh gejala yang pasti muncul seperti

  • Nyeri perut: Biasanya terasa kram, menusuk, dan terbakar di bagian bawah perut.
  • Kembung: Perut terasa lebih begah dan bergas.
  • Diare: Buang air besar lebih sering, feses berlendir dan lebih encer.
  • Perasaan nggak lega setelah BAB: Alias masih ingin BAB setelah BAB, loh.
  • Perasaan mual dan muntah yang tiba-tiba dan berlebihan.
  • Sembelit: Buang air besar lebih jarang dari biasanya, feses keras dan kering.
     Terutama bagi sembelit yang harus kamu perhatikan. Coba deh kamu evaluasi lagi seberapa banyak kamu BAB dalam seminggu. Kalau kamu cukup sering mengalami kondisi BAB kurang dari tiga kali dalam seminggu, kamu wajib periksakan ke dokter deh. Karena bisa jadi usus kamu mengalami radang usus besar (IBD). Waspada, ini penyakit yang berbahaya.

2. Pengertian Radang Usus Besar (IBD)

  IBD tentu saja menyebabkan gangguan fungsional seperti IBS, tapi bedanya adalah organ pencernaan mengalami peradangan yang berarti struktur atau ada bagian tertentu pada lambung yang mengalami kerusakan. Yaps, usus kita mengalami luka. Namun, luka ini bisa kita lihat perbedaannya tergantung pada jenis radang usus.
     Pertama, peradangan Kolik Ulseratif (UC). Peradangan ini hanya terjadi bagian lapisan usus besar yang paling dalam yang disebut rektum atau kolon. Sedangkan yang kedua disebut sebagai Penyakit Crohn (CD). Peradangan yang terjadi pada seluruh bagian sistem pencernaan, dari mulut hingga anus. 
     Duh, bisa kamu bayangin nggak sih kalau udah radang gini sakitnya gimana? Makanya, kita wajib tau tentang apa yang menjadi penyebab radang usus besar ini.

A. Penyebab Radang Usus Besar (IBD)

     Sama seperti IBS, belum banyak faktor yang diketahui secara pasti. Tapi perbedaannya kalau IBS disebabkan oleh faktor psikis, penyebab IBD  diyakini karena disebabkan oleh faktor genetik dan lingkungan yang membuat sistem imun merespons peradangan yang nggak semestinya. Makanya, radang usus besar juga bisa disebabkan oleh orang-orang yang memiliki autoimun. Tapi, kamu juga wajib paham tentang beberapa faktor penyebab seperti:

  • Keadaan bakteri yang nggak seimbang di dalam usus
  • Sistem kekebalan tubuh yang buruk
  • Faktor eksternal seperti diet yang buruk, atau stress yang terlalu berat.
bahaya gangguan pencernaan dan cara mencegahnya
Bakteri pada usus/ Freepik

B. Gejala Radang Usus Besar (IBD)

     Kalau usus sudah mengalami luka sih, ada beberapa hal yang harus kamu sikapi dengan hati-hati ya. Karena gejala yang terjadi bener-bener menyiksa seperti.

  • Penurunan berat badan yang cepat tapi tanpa sebab yang jelas.
  • Nyeri perut yang sangat menyiksa, kram hingga rasa seperti ditusuk-tusuk bagian perut bawah.
  • Demam tinggi
  • Diare, umumnya feses lebih cair dan berlendir atau,
  • Sembelit, feses keras dan kering, hingga
  • Anemia 
     Usus yang mengalami peradangan tentu ini yang lebih berbahaya daripada hanya sekadar sindrom iritasi. Usus yang terluka kalau dibiarkan pun akan menimbulkan beberapa resiko penyakit kronis yang tinggi dua hingga tiga kali lipat terkena kanker kolon.
   Kalau kita mengalami penyakit IBS ataupun IBD ada baiknya kita melakukan konsultasi ke profesional, karena kedua penyakit membutuhkan penanganan yang lebih serius daripada gangguan pencernaan lainnya. Akan tetapi, daripada mengobati lebih baik kita udah mulai sadar tentang pencegahannya.

3. Pencegahan Sindrom Iritasi Usus Besar (IBS) dan Radang Usus Besar (IBD)

      Seperti yang Minto katakan di atas tadi, usus punya relasi yang dekat dengan otak, bahkan bisa dibilang kalau usus berfungsi sebagai otak kedua manusia. Kita wajib sadar kalau menjaga kesehatan usus sangatlah penting. Ada beberapa hal yang bisa kita usahakan:

  • Perbanyak minum air putih untuk membantu mengoptimalkan sistem pencernaan pada usus.
  • Olahraga yang teratur, terutama melatih kekuatan otot perut.
  • Tidur yang cukup, sebagai aktivitas untuk meningkatkan metabolisme tubuh.
  • Memperbaiki pola makan sehat dengan makanan yang berserat tinggi.
      Sebagai jenis karbohidrat kompleks, serat berfungsi untuk meningkatkan feses usus sehingga menjadi lebih besar dan lunak. Selain itu, otot juga akan ikut aktif untuk menggerakan feses sehingga mengurangi waktu singgah feses yang lebih lama di dalam usus.
Sumber serat sangatlah banyak, selain sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian kamu juga bisa mengonsumsi Hotto Purto sebagai salah satu alternatif serat tambahan yang baik untuk kamu.
 

4. Memperbaiki Pola Makan Sehat Dengan Hotto

    Ada banyak alasan orang-orang suka mengonsumsi Hotto. Sebagai suplemen serat tambahan Hotto rasanya juga pas. Cocok dikonsumsi dari anak-anak hingga orang tua karena teksturnya yang lembut. Selain itu, Hotto juga mengandung probiotik yang berfungsi sebagai makanan bakteri baik dalam usus kamu, sehingga kesehatan usus akan lebih aman dan terjamin.
      Buruan kamu bisa beli Hotto di agen-agen terdekat di kota kamu, bebas ongkir dan sampai dengan cepat dan selamat! Atau kamu bisa beli Hotto di marketplace ya, klik link di sini.

bahaya gangguan pencernaan dan cara mencegahnya
Produk Hotto/ Aset Hotto
5 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Alami

5 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Alami

    Hidup dengan percaya diri adalah salah satu cara untuk bisa meningkatkan kualitas hidup. Tapi sayangnya, banyak yang kurang sadar nih kalau percaya diri itu penting. Percaya diri itu secara nggak langsung bisa membuat hidup kita lebih baik loh, kita lebih mudah menghadapi tantangan, lebih berani untuk mengambil resiko, dan terus berkarya.Mungkin sebagian besar orang sepakat kalau ada beberapa hal yang membuat kepercayaan diri itu luncur, salah satu yang paling bisa membuatnya adalah, kegemukan.
    Di Indonesia, kelebihan berat badan termasuk masalah yang cukup serius. Selain bikin kita nggak PD, kelebihan berat badan adalah bukti tentang pola hidup yang buruk. Data dari Riskesdas menunjukkan kalau prevalensi penderita obesitas naik sebanyak 15,3 persen dari 2018. Cukup banyak sekali, mengingat obesitas adalah sumber penyakit kronis seperti diabetes, jantung, dan stroke. Yang bisa kita lakukan agar bisa bebas dari obesitas adalah menjalani pola hidup sehat, dan salah satu caranya dengan melakukan diet.

1. Pengertian Diet

     Walaupun akhir-akhir ini diet jadi tren, tapi masih banyak orang yang masih nggak ngerti arti diet nih. Diet itu bukan berarti membatasi makanan-makanan yang boleh atau nggak boleh kita makan. Juga bukan hanya mengkonsumsi satu jenis makanan aja. Simplenya nih, diet adalah pengaturan pola makan. 
    Nggak serta-merta mengatur aja, diet juga harus mempertimbangkan asupan nutrisi yang seimbang. Ini terbukti sama fenomena tren diet akhir-akhir ini. Alih-alih mengutamakan nutrisi seimbang, sekarang banyak banget metode-metode diet yang ekstrim. Hanya menggunakan gimmick “menurunkan berat badan dengan cepat”, banyak orang terjebak dengan program diet yang ujung-ujungnya pakai obat pelangsing. Ini hal yang nggak baik bagi kesehatan karena bisa aja menimbulkan efek samping untuk tubuh kita.
    Tapi sebenarnya ada kok cara cepat menurunkan berat badan secara alami. Lihat rekomendasi yang Minto buat untuk kamu.

2. Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Alami

A. Tidur yang Cukup

   Faktor utama kenapa tidur bisa membantu menurunkan berat badan adalah karena tidur memperbaiki metabolisme tubuh. Kita butuh metabolisme yang lancar agar kalori yang sudah kita penuhi dengan cepat dibakar oleh tubuh, mencegah terjadinya penumpukan lemak. Selain itu, fungsi tidur juga membantu keseimbangan hormon ghrelin dan leptin yang berfungsi sebagai pengatur rasa lapar dan kenyang  dalam tubuh. Pasti yang sering begadang can relate nih. Makanya, tidur yang berkualitas penting banget buat kita gengs.

B. Perbanyak Konsumsi Air Putih

   Saat makanan masuk ke dalam tubuh, secara nggak langsung akan ada senyawa yang mengandung racun juga ikut masuk ke tubuh. Racun yang masuk nantinya akan dinetralkan oleh hati. Proses penetralan racun membantu kita meningkatkan metabolisme. Hal ini bisa jadi hambatan kalau tubuh kita mengalami dehidrasi. Fungsi air putih membantu hati untuk melarutkan zat-zat sisa racun ke dalam bentuk urin ataupun keringat. Kalo kita mengalami dehidrasi, racun akan sulit untuk dinetralkan sehingga tubuh mengalami perlambatan metabolisme. 
     Pada proses pencernaan, air putih juga berfungsi membuat otot-otot di usus semakin aktif untuk mengeluarkan sisa-sisa racun dari tubuh kita. Ternyata, ini berefek pada hormon yang mengatur rasa lapar kita loh. Makanya ada anjuran untuk konsumsi air putih sebelum makan, karena ini membantu nafsu makan kita jadi terkendali.

Biar nggak kesusahan, kamu bisa ikuti tips biar rajin konsumsi air putih versi Minto nih:

  • Taruh tumbler atau botol minum selalu dekat kamu.
  • Biasakan minum air putih saat bangun tidur.
  • Tambah perasan lemon atau timun biar gak bosen.
  • Sesekali minum air putih dingin juga boleh kok.

Atau

Cepat menurunkan berat badan secara alami
Anjuran air putih/ Aset Hotto

C. Defisit Kalori

    Setiap manusia itu punya kebutuhan kalori yang beda-beda. Biasanya ini bergantung sama umur, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas fisik kamu setiap hari. Kalo kamu orang yang aktif banget dalam sehari pasti kamu sering merasa lapar karena kalori kamu terpakai secara optimal. Makanya, orang yang aktivitas fisiknya tinggi cenderung mempunyai bentuk tubuh yang terjaga.
     Lain hal dengan orang yang aktif, orang yang aktivitas fisiknya cenderung pasif harus mengurangi asupannya agar kalori yang masuk nggak menumpuk menjadi lemak. Lemak yang menumpuk adalah tanda kalau tubuh kita nggak mampu membakar kalori dengan efektif.

D. Kelola Pikiran dan Stress

     Mungkin sebagian besar dari kita tuh sepakat kalau makanan itu jadi pelarian saat stress. Apalagi makanan seperti junk food atau es kopi susu. Ya memang enak banget sih, tapi kalo nggak dibatasi ini bisa jadi efek buruk sama kesehatan kita. Saat stress secara nggak langsung hormon kortisol akan meningkat. Hormon kortisol yang aktif membuat tubuh meningkatkan kadar gula dan nafsu makan. 
     Tenang, hal ini bisa kita cegah kalo kita bisa meningkatkan mindfulness. Sadar kalo stress itu hal yang sudah pasti ada di setiap hidup kita. Makanya, kita harus pintar untuk mengelola stress atau istilahnya kamu harus punya coping mechanism kamu sendiri nih. Kalo kamu belum tau apa coping mechanism, mungkin kamu bisa pilih jalan keluar yang membuat kamu nyaman di bawah ini.

Cepat menurunkan berat badan secara alami
Mengelola stress/ Aset Hotto

E. Konsumsi Karbohidrat Kompleks

     Ada beberapa dari kalian pernah dengar istilah ini, “Nggak kenyang kalo nggak makan nasi”?. Pernyataan itu sih benar ya, tapi aktualnya yang beda nih. Orang Indonesia cenderung punya kebiasaan makan dengan porsi nasi yang banyak. Tentu saja, ini bisa mengaburkan kesadaran masyarakat tentang porsi makan nutrisi seimbang. Padahal, kita juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi yang lain seperti protein, lemak sehat, dan karbohidrat kompleks.
     Karbohidrat kompleks atau bisa kita sebut sebagai serat pangan punya fungsi yang baik untuk menurunkan berat badan. Asal kamu tahu, serat tuh nggak bisa dipecah jadi glukosa seperti karbohidrat sederhana atau kata lainnya serat nggak bisa diserap oleh tubuh. Serat yang nggak bisa diserap, secara nggak langsung akan dicerna secara utuh pada proses pencernaan. Ini akan membuat proses pencernaan yang berjalan lambat sehingga membuat kita merasakan kenyang lebih lama. Kalau kita merasakan kenyang yang cukup lama tentu mencegah kita untuk makan banyak atau jajan sembarangan.
     Oiya, sumber serat itu banyak kok. Serat bisa kamu temukan di jenis makanan seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian atau kacang-kacangan. Tapi, ada alternatif kok biar kamu mudah mencukupi kebutuhan serat dengan minum Hotto Purto.

3. Memenuhi Kebutuhan Serat Dengan Hotto Purto

     Hotto Purto adalah alternatif serat tambahan yang bisa kamu konsumsi di mana saja dan kapan saja. Hotto mengandung serat yang berasal dari bahan-bahan alami seperti ubi ungu, oat, dan lima belas macam biji-bijian dan kacang-kacangan. Rasanya nggak terlalu manis dan jadi solusi yang ready banget buat nemenin hari-hari kamu yang kurang serat. 
     Jadi, segera dapatkan Hotto segera di marketplace atau agen-agen terdekat kamu. Klik link ini sekarang ya.

Cepat menurunkan berat badan secara alami
Produk Hotto/ Aset Hotto
3 Cara Awet Muda Sophia Latjuba

3 Cara Awet Muda Sophia Latjuba

     Punya tubuh sehat dan awet muda pasti jadi impian semua orang, aktris kondang Indonesia yang namanya nggak pernah luput dari pembahasan ini adalah Sophia Latjuba. Walaupun Sophia Latjuba saat ini sudah berumur 54 tahun, penampilannya kerap dipuji karena terlihat lebih muda dari kebanyakan orang seusianya. Ya memang, Sophia terkenal sebagai penganut vegan alias nggak makan daging, tapi apa itu rahasia awet mudanya?
     Jawabannya, nggak juga. Ternyata setelah Minto kulik dan rangkum, ada 3 rahasia awet muda ala Sophia Latjuba. Yuk, kita bedah rahasianya di bawah ini.

1. Cara Pertama Awet Muda: Rutin Yoga

A. Apa Sih Yoga Itu?

   Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang menggabungkan posisi tubuh, pernapasan, dan meditasi atau kesadaran untuk mencapai keseimbangan tubuh dan pikiran. Walaupun terlihat seperti olahraga yang ringan tapi melakukan yoga dengan cara yang benar itu nggak mudah loh.

B. Bagaimana Cara Melakukan Yoga yang Benar?

   Pertama, tentukan metode yang mau kamu gunakan. Umumnya, ada 4 metode yoga yang harus kamu tau. Hatha, Vinyasa, Ashtanga, dan Iyengar (kamu bisa lihat ilustrasi di bawah perbedaannya). Dari beberapa metode yang ada, Hatha adalah rekomendasi yang paling baik untuk pemula karena berguna untuk memperkuat postur tubuh dan meningkatkan kelenturan.
    Selanjutnya, cari waktu dan tempat yang paling nyaman. Hal ini penting karena akan mempengaruhi konsentrasi kamu untuk mendapatkan manfaat yoga yang optimal. Tips tambahan, pakai matras yang nyaman dan tebal.

Awet muda ala sophia latjuba
Gerakan Hatha Yoga/ Harithayogshala.com

C. Awet Muda Karena Yoga

     Sophia sendiri pun nggak punya standar yang pasti bagaimana terlihat awet muda. ”Kalau memang standard-nya mau kurus go ahead, mau turun BB silahkan, tapi menjalani hidup healthy adalah kunci. Salah satunya menjalani Yoga karena bagus untuk aliran darah dan membantu metabolisme tubuh.” ujar Sophia Latjuba dalam podcast Ts Media.
     Aliran darah dan metabolisme yang lancar memang dapat membantu tubuh lebih bugar, sehingga penampilan juga terlihat tetap prima. Berikut adalah manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan rutin melakukan Yoga:

  • Penguatan otot
  • Perbaikan postur tubuh
  • Peningkatan keseimbangan dan konsentrasi
  • Peningkatan kualitas tidur
  • Relaksasi dan pengurangan stress

2. Cara Kedua Awet Muda: Menjaga Stress

     Stress itu selalu ada dan melekat di setiap manusia, oleh karena itu kontrol/ management stress perlu kita latih. Percaya nggak percaya, stress juga bisa membantu kita lebih produktif loh. Istilah stress baik biasanya disebut Eustress, dimana sesuatu keadaan yang membuat stress justru dapat menginspirasi dan memotivasi untuk Hotto Purto adalah minuman multigrain yang terbuat dari 15 macam biji-bijian yang dikombinasikan dengan ubi ungu dan oat. Karena kandungannya terbuat dari biji-bijian dan kacang-kacang utuh tanpa tambahan pengawet dan perisa, Hotto Purto adalah pilihan tepat sebagai penunjang gaya hidup sehat. meningkatkan kinerja dan kualitas diri. Salah satu cara management stress ala Sophia Latjuba adalah memiliki hobi dan melakukan hal-hal kreatif, seperti yang dikutip pada caption Instagram-nya, “being creative is not a hobby, it’s a lifestyle“.

  • Berikut ini tips kontrol stress supaya goals awet muda kamu tercapai:
  • Fokus dan memaksimalkan hal-hal yang bisa kamu kendalikan.
  • Coba untuk mempelajari sesuatu yang baru.
  • Buat tujuan yang realistis aja.
  • Sempatkan waktu untuk me time atau berpergian

3. Cara Ketiga Awet Muda: Mengatur Pola Makan

A. Diet Sehat

     “I think your body gak terlalu butuh banyak makanan, sekali makan udah bisa adjust, walaupun sesekali kalau makanannya bagus dan porsinya tepat hal ini akan sangat bermanfaat buat tubuh”, dilansir dari percakapan Sophia Latjuba dengan Luna Maya dalam podcast Ts Media.
     Beberapa orang masih ada yang salah paham nih tentang arti “diet”. Diet selalu diartikan sebagai pengurangan atau pembatasan makanan-makanan tertentu, walaupun nggak sepenuhnya salah, tetapi makna diet sebenarnya adalah tentang bagaimana cara kita mengatur pola makan seimbang.
     Diet sehat itu harus mencakup seluruh nutrisi yang dibutuhkan seperti karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral. Tentunya semua itu nggak bisa dicapai kalau jenis makanannya itu-itu aja, harus beragam. Selain pemilihan jenis makanan, kontrol porsi dan jadwal makan yang teratur juga punya peran untuk menunjang diet sehat. Nah, kalau semua itu bisa kamu ikuti seperti yang Sophia lakukan, pastinya fungsi tubuh jadi lebih optimal dan akan terpancar pada fisik yang prima plus awet muda!

B. Mengetahui Kebutuhan Kalori

    Tanpa kalori, kita nggak akan punya energi untuk beraktivitas. Akan tetapi, mengonsumsi kalori berlebihan juga punya dampak buruk buat kamu. Makanya, kita wajib tau berapa jumlah kalori yang kita butuhkan dalam sehari, salah satu caranya dengan menghitung TDEE.
     TDEE adalah Total Daily Energy Expenditure atau kebutuhan kalori kita dalam sehari. Perlu diingat, kalau kebutuhan kalori setiap orang itu berbeda-beda, tergantung usia, kondisi fisik, dan aktivitas yang dijalani sehari-hari. Menghitung kebutuhan kalori bisa membuat kita lebih bijak dalam mengonsumsi makanan yang kita makan setiap harinya. Kamu bisa lakukan cara ini untuk menghitung kebutuhan kalori:

Awet muda ala sophia latjuba
Rumus cepat perhitungan BMR/ ruangguru.com

     Hasil dari perkalian antara BMR dengan tingkat aktivitas fisik adalah nilai TDEE yang dapat kamu jadikan acuan untuk mengontrol makanan yang masuk dalam setiap hari.

C. Variasi Makanan Seimbang

   Makanan yang baik adalah makanan yang tersusun atas makronutrisi dan mikronutrisi yang lengkap. Walaupun kedengarannya susah, mendapatkan nutrisi yang seimbang itu sebenarnya gampang kok. Kamu bisa mengikuti anjuran metode piring T dari kemenkes. Anjuran ini menekankan kalau dalam setiap 1 porsi piring makan, kamu wajib mengisi 50% dengan sayur-sayuran, 25% berisi protein dari lauk-pauk, dan 25% terdiri dari karbohidrat. Biar lebih jelas, kamu bisa lihat ilustrasi gambar di bawah ini ya.
     Kalau dilihat dari porsi diatas, justru serat menempati porsi paling banyak. Serat dapat membantu kita untuk menjaga kesehatan usus dan memelihara pencernaan dengan baik. Selain sayur-sayuran, multigrain juga bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan serat. Di akun Instagram-nya, Sophia juga sempat spill caranya untuk memenuhi asupan serat, “Tiap pagi kebiasaan bangun tidur aku langsung minum suplemen terus habis itu gerak. Yoga, fascial maneuvers, dan apapun itu. Kalau sudah lapar, baru aku makan Hotto karena tinggi serat dan buat kesehatan usus semakin terjaga”.

D. Sumber Serat Alternatif: Hotto Purto Multigrain

     Bagi kamu yang baru ingin memulai gaya hidup lebih sehat, Hotto Purto cocok dijadikan go-to breakfast ataupun pengganti cemilan di sore hari. Hotto Purto bisa didapatkan di agen-agen terdekat di kota kamu atau melalui marketplace Hotto Purto Official di link di sini.

Awet muda ala sophia latjuba
Sophia Latjuba Brand Ambassador Hotto/ Aset Hotto
Mengatur Pola Makan yang Sehat dengan Defisit Kalori

Mengatur Pola Makan yang Sehat dengan Defisit Kalori

   “Coba deh lakuin diet A”, “Mending kamu kurangi makan nasi aja, biar cepet turun berat badan“, “Jangan makan kulit ayam! Nanti bikin gendut.” Sering nggak kamu dengar kata-kata kaya gitu..atau bahkan kamu alami sendiri? Biasanya ini terjadi sama orang-orang yang ingin mulai diet tapi jadi pupus harapan, karena terlalu banyak tuntutan ini itu dari orang-orang yang “katanya” sudah berhasil menjalankan diet-diet tertentu. Padahal, setiap orang kan punya cara sendiri untuk melakukan diet.
   Walaupun nggak ada yang 100% benar metode diet apa yang bisa kamu lakukan, tapi sebagian besar pasti setuju diet yang nyaman dilakukan adalah diet defisit kalori.

1. Defisit Kalori Itu Apa Sih?

     Sebelum masuk ke defisit kalori, mending kita sepakati dulu aja tentang pengertian diet. Diet bukan tentang cara pengurangan makanan tertentu, bukan juga tentang pantangan kalau ingin makan sesuatu. Singkatnya, diet adalah pengaturan pola makan. Yaps, memang sesingkat itu.  Sedangkan, kalori adalah satuan ukur energi. Dalam konteks gizi, kalori berarti energi yang berasal dari makanan yang kita makan.
     Nah, diet defisit kalori adalah usaha untuk mengatur dan mengurangi jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Dalam diet defisit kalori setiap makanan punya hak untuk disantap, tanpa membatasi jenis atau cara makanan itu diolah. Akan tetapi, yang harus kamu tau adalah berapa banyak kalori yang dimiliki dari setiap makanan yang masuk. Karena ya, walaupun jenisnya sama, dada ayam yang digoreng tentu akan berbeda kalorinya dengan dada ayam yang hanya dikukus.

2. Apa Saja Keuntungan Defisit Kalori?

     Mungkin bagi kebanyakan orang, defisit kalori salah satu cara yang efektif untuk menurunkan berat badan. Saat kita terbiasa melakukan pengurangan kalori, tubuh akan memanfaatkan lemak yang tersimpan di tubuh kamu untuk diubah menjadi energi. Cadangan lemak yang diubah menjadi energi itu nggak cuma berdampak pada penurunan berat badan, tetapi juga punya manfaat lain seperti:

  • Meningkatkan kesehatan jantung
  • Menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh
  • Peningkatan metabolisme tubuh
  • Pemulihan tubuh yang cepat

     Tapi, kamu juga harus tau kalau proses defisit kalori ini nggak instan ya. Nah, biar defisit kalori kamu anti-gagal, kamu bisa ikutin beberapa tips dibawah ini.

3. Defisit Kalori Untuk Pemula

A. Menentukan Tujuan Defisit Kalori

     Siapa sih yang nggak ingin cepat sampai tujuan? Saking ingin cepatnya terkadang cara-cara dan tujuan yang ingin dicapai jadi nggak realistis. Padahal, hal paling mendasar untuk defisit kalori adalah memastikan tujuan yang ingin kamu capai itu masuk akal. Realistisnya, penurunan berat badan yang sehat adalah 2 – 4 kg dalam 1 bulan, jadi kalau kamu mau turun berat badan 10 kg dalam seminggu coba deh pikir-pikir lagi. Sebaiknya, buat target penurunan berat badan secara bertahap namun signifikan. Misalnya, kamu punya target untuk menurunkan berat badan 15 kg dalam satu tahun, maka penurunan berat idealnya adalah 1 – 1,5 kg per bulan. Target yang realistis ini juga bisa bantu kamu untuk tetap konsisten dalam jangka waktu panjang loh.

B. Menghitung Kebutuhan Kalori Harian

     Setiap orang punya kebutuhan dan kemampuannya yang berbeda-beda. Ada yang suka olahraga 3x dalam seminggu, ada yang nggak berolahraga sama sekali. Penting untuk tau kalau kebutuhan kalori berbeda berdasarkan jenis kelamin,  umur, tinggi badan, berat badan dan aktivitas fisik harian.
   Biar kamu lebih paham, setiap orang punya BMR (Basal Metabolic Rate) atau batas bawah kebutuhan kalori yang digunakan untuk bernapas, berpikir, dan kebutuhan dasar manusia lainnya. Sedangkan, kita juga harus menghitung TDEE (Total Daily Energy Expenditure) atau batas maksimal kebutuhan kalori harian kita. Nah, kalau kamu udah hitung nilai BMR & TDEE, lakukan pengurangan kalori maksimal 20%-30% dari TDEE supaya kalori yang masuk setiap harinya masih di atas BMR.

Defisit kalori sehat dan aman
Simulasi perhitungan TDEE/ Researchgate

C. Mengatur Komposisi Makan Harian

     Kalau kamu sudah mengetahui berapa banyak kalori yang ingin kamu capai saat melakukan defisit kalori, langkah selanjutnya adalah mengatur porsi makan harian. Dengan mengatur porsi, kamu juga bisa dengan mudah mengukur berapa kalori yang masuk. Sebaiknya, makan dengan porsi kecil namun dengan frekuensi yang lebih sering untuk mencegah terjadinya lonjakan gula darah serta meningkatkan metabolisme. Cara ini akan membuat kamu makan dengan bijak dan menghindari makan dengan kalap.
     Selain porsi, komposisi makan juga gak kalah penting nih, biar lebih mudah kamu wajib mengikuti anjuran metode piring T dari KEMENKES. Walaupun sedang diet, badan kita tetap butuh nutrisi yang seimbang supaya metabolisme dan fungsi tubuh tetap berjalan dengan baik. Kamu bisa lihat gambar anjuran metode piring T di bawah ini.

Defisit kalori sehat dan aman
Anjuran metode piring T/ aset Hotto

D. Olahraga

    Defisit kalori memang jadi kunci utama dalam menurunkan berat badan. Tapi, jangan lupakan teman setianya, yaitu olahraga. Selain membantu bakar kalori ekstra, olahraga punya sederet manfaat bagus buat tubuh seperti menjaga kesehatan jantung, mempertahankan massa otot, dan meningkatkan metabolisme basal. Selain itu, kegiatan fisik yang teratur dapat mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kesejahteraan mental secara keseluruhan.

E. Konsumsi Makanan Bernutrisi

      Walaupun nggak ada batasan makanan dalam metode defisit kalori, tapi bukan berarti kamu nggak makan makanan bernutrisi ya! Tetap aja kamu nggak boleh sembarangan pilih jenis makanan dan membuat defisit kalori kamu jadi sia-sia. Kualitas makanan yang baik sangat penting bagi tubuh kamu karena mengandung nutrisi yang penting seperti protein, lemak sehat, dan serat.
     Serat sangat berguna buat kamu yang lagi menjalani defisit kalori, terutama pada perannya dalam menjaga kesehatan pencernaan. Pencernaan yang baik dapat mendukung penyerapan nutrisi yang optimal dari makanan, karena bisa mempengaruhi metabolisme dan regulasi berat badan. Selain itu, serat akan membuat kenyang lebih lama sehingga mencegah kamu untuk makan berlebihan.

4. Hotto Purto, Teman Defisit Kalori

      Salah satu cara untuk memenuhi asupan serat selain konsumsi buah dan sayur adalah dengan mengonsumsi Hotto Purto. Hotto Purto adalah minuman multigrain terdiri dari 15 macam biji-bijian yang dikombinasikan dengan ubi ungu dan oat. 1 sachet Hotto setara dengan 130 kalori sehingga cocok dijadikan alternatif sarapan atau snack bagi kamu yang sedang menjalani diet defisit kalori. Hotto Purto bisa didapatkan di agen-agen terdekat di kota kamu atau melalui marketplace Hotto Purto Official di link ini.

Defisit kalori sehat dan aman
Produk Hotto/ aset Hotto
Macam-macam Penyakit Asam Lambung dan Cara Pencegahannya

Macam-macam Penyakit Asam Lambung dan Cara Pencegahannya

      Beberapa dari kalian pernah penasaran nggak sih sama kejadian berita kesehatan belakangan ini? Setahun belakangan, kira-kira ada 2-3 berita kematian seseorang yang mengaitkan penyebabnya dengan penyakit asam lambung. 
     Faktanya, banyak dokter atau profesional kesehatan yang bilang kalau penyakit asam lambung menyebabkan kematian itu adalah hoaks ya. Tapi, kamu juga nggak boleh lengah dan meremehkan penyakit asam lambung ini. Di beberapa kasus tertentu, penyakit asam lambung itu sangat menyiksa. Ini macam-macam penyakit lambung yang harus kamu tau.

 

1. Macam-macam Penyakit Lambung

A. Tukak Lambung

     Pernah merasakan kenyerian dan perih saat setelah makan? Atau punya pengalaman feses yang berwarna hitam? Ini adalah gejala dari tukak lambung. 
     Tukak lambung terjadi karena dinding halus pada lambung kamu terluka sehingga menyebabkan iritasi. Penyebabnya bisa dari produksi cairan asam lambung yang berlebihan sehingga menekan dinding lambung secara terus menerus. Dinding lambung sebenarnya punya lapisan lendir yang berfungsi untuk memberikan perlindungan. Lapisan pelindung yang rusak menyebabkan dinding lambung terluka

B. GERD

     Pernah merasakan kenyerian dan perih saat setelah makan? Atau punya pengalaman feses yang berwarna hitam? Ini adalah gejala dari tukak lambung.
     Tukak lambung terjadi karena dinding halus pada lambung kamu terluka sehingga menyebabkan iritasi. Penyebabnya bisa dari produksi cairan asam lambung yang berlebihan sehingga menekan dinding lambung secara terus menerus. Dinding lambung sebenarnya punya lapisan lendir yang berfungsi untuk memberikan perlindungan. Lapisan pelindung yang rusak menyebabkan dinding lambung terluka.

Mencegah asam lambung
Ilustrasi GERD saat kambuh/ Freepik

C. Gastritis

     Gastritis punya gejala yang hampir sama seperti tukak lambung. Tapi, yang membedakan adalah dinding lambung mengalami peradangan menyeluruh. Penyebabnya pun karena lapisan dinding lambung yang tergerus secara terus menerus. Biasanya disebabkan karena pola hidup yang nggak sehat, terutama konsumsi rokok atau alkohol yang berlebihan. Selain hal itu, gastritis juga bisa disebabkan karena infeksi bakteri atau autoimun.

D. Gastroparesis

  Pernah merasakan kembung yang lama dan perutmu mengeras? Ini adalah tanda-tanda gastroparesis. Gangguan yang terjadi karena melambatnya otot pada lambung, sehingga perpindahan makanan dari kerongkongan hingga usus itu melambat. Perut kembung terjadi karena gas pada lambung sangat tinggi.
     Gastroparesis bisa disebabkan dari infeksi bakteri, atau produksi asam lambung yang berlebihan karena pola makan yang tidak sehat. Selain itu, kamu yang punya riwayat diabetes harus lebih berhati-hati, karena diabetes bisa menyebabkan gangguan saraf.

2. Cara Mencegah Penyakit Lambung

     Sebagai salah satu organ penting, lambung termasuk organ yang sensitif guys. Jadi penting buat kamu untuk menjalani pola makan yang sehat. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjalani pola makan yang sehat.

A. Memperbaiki Pola Makan Sehat

     Pastinya ini berita buruk kalau kalian punya habit makan yang nggak baik dari kecil. Kalau diingat-ingat, semasa kecil Ibu kita pasti akan mengingatkan tentang cara makan yang benar seperti duduk tegap saat makan, nggak boleh tiduran setelah makan, ataupun makan dalam porsi yang sangat banyak. Ini bukan mitos loh, kebiasaan makan dengan cara yang buruk bisa meningkatkan produksi asam lambung.
     Di sisi lain, produksi asam lambung juga dapat dipengaruhi oleh faktor makanan pemicu seperti

Mencegah asam lambung
Makanan pantangan bagi penderita GERD/ Aset Hotto

     Yaps ini berita buruk bagi kalian para penyuka makanan di atas. Penting bagi kamu untuk sadar kalau jenis-jenis makanan tesebut sebaiknya dihindari.

B. Mengatur Stress dan Menjaga Pikiran

    Lagi banyak masalah, putus cinta, ataupun tekanan pekerjaan nyatanya bisa meningkatkan produksi asam lambung loh. Penyebabnya adalah stress yang berlebihan. Memang, stress akan selalu ada di kehidupan kita. Tapi, penting bagi kita untuk memahami cara mengelolanya.
     Kaitan stress dan asam lambung terjadi karena hormon kortisol dan adrenalin meningkat. Hormon ini diyakini bisa meningkatkan produksi asam lambung. Selain itu, stress juga dapat menghambat pergerakan otot yang membuat otot kita di lambung menjadi rileks. Otot kerongkongan yang rileks melemahkan katup lambung sehingga resiko mengalami GERD akan naik. Itulah alasan kenapa GERD juga dekat dengan masalah kecemasan.

C. Menjaga Berat Badan Ideal

     Penderita obesitas sangat dekat dengan penyakit asam lambung. Hal ini terjadi karena kebanyakan penderita obesitas punya massa lemak yang sangat tinggi di bagian perut. Hal ini bisa memberikan penekanan pada lambung. Penting bagi penderita obesitas untuk melakukan penurunan berat badan dan menjaga tubuh dengan melakukan diet yang sehat.
     Diet sehat bisa dimulai dengan cara melakukan defisit kalori dan mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang. Sederhananya, defisit kalori adalah cara untuk mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang keluar. Kunci keberhasilan dari defisit kalori adalah memenuhi kebutuhan nutrisi dengan lengkap, terutama memenuhi kebutuhan serat per hari. Serat terbukti dapat membuat kita kenyang lebih lama. Mencegah kita untuk terus-terusan makan dan membuat lambung tidak memproduksi asam lambung secara berlebihan. Selain itu, serat terbukti juga dapat mengurangi gejala asam lambung. 
     Hotto Purto adalah minuman multigrain berserat tinggi. Terbuat dari 15 macam biji-bijian dan kacang-kacangan utuh. Hotto Purto tentu bisa jadi teman diet kamu untuk menurunkan berat badan secara aman dan sehat. Konsumsi dua kali sehari dapat memenuhi kebutuhan serat kamu sebanyak 30%.

Mencegah asam lambung
Mencegah Asam Lambung dengan Hotto Purto/ Aset Hotto

     Dapatkan segera dan jalani hidup sehat dengan Hotto Purto. Link pembelian ada di sini.

5 Manfaat Makanan Berserat Untuk Kesehatan

5 Manfaat Makanan Berserat Untuk Kesehatan

     Menurut data Kemenkes, kematian tertinggi manusia bukan disebabkan oleh penyakit menular, melainkan penyakit tidak menular (PTM). Percaya nggak percaya ternyata dua penyakit utama yang menyumbang sebagian besar kematian adalah serangan jantung dan diabetes. Lebih heran lagi, ternyata penyebab serangan jantung dan diabetes bukanlah dari rokok atau zat-zat berbahaya. Penyakit ini kebanyakan disebabkan oleh pola makan yang buruk. 

     Ternyata ini ada kaitannya kalau orang Indonesia kurang suka mengonsumsi serat. Padahal, serat termasuk jenis karbohidrat kompleks yang punya banyak manfaat. Walaupun serat nggak bisa diserap, tapi pencernaan serat dalam tubuh terbukti bisa memberikan banyak manfaat.

1. Pengertian Serat

     Nutrisi terbagi menjadi dua, ada makro dan ada mikro. Makronutrien lebih banyak dibutuhkan oleh tubuh dan berfungsi sebagai penghasil energi. Makronutrien terdiri atas protein, karbohidrat, dan lemak sehat. Walaupun punya fungsi yang berbeda tapi ketiga nutrisi tetap saling berkaitan loh. Lalu, dimana serat berada?

     Serat termasuk sebagai jenis karbohidrat kompleks. Berbeda dengan karbohidrat sederhana, karbohidrat kompleks nggak bisa diserap sama tubuh, atau prosesnya sangat lama. Karbohidrat kompleks kebanyakan punya rantai molekul gula yang panjang banget sehingga sistem pencernaan hanya bisa mencerna. Meskipun nggak bisa diserap, serat tuh punya fungsi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Serat pun dibagi menjadi 2 loh, ada serat larut dan tidak larut. Perbedaannya hanyalah serat tidak larut air cenderung susah untuk dilarutkan oleh air sehingga proses pencernaannya berbentuk utuh. Sedangkan, serat larut air akan berubah menjadi gel saat larut dalam proses pencernaan.

2. Manfaat Makanan Berserat

A. Mengatasi Masalah Pencernaan

     Kamu tau nggak kalo normalnya manusia bisa melakukan BAB dua hingga lima kali dalam seminggu. Kalo kamu sering mengalami gangguan BAB hati-hati deh, karena itu tandanya pencernaan kamu lagi error. Cara yang paling baik adalah dengan meningkatkan konsumsi serat.

     Serat meningkatkan volume tinja dan membuatnya menjadi lembut. Ketika volume tinja menjadi lebih besar ini akan merangsang pergerakan usus dan proses penyaringan sisa-sisa makanan menjadi lebih efisien. Serat larut dan serat tidak larut saling kerja sama untuk membuat ruang yang optimal bagi usus untuk bekerja.

Makanan berserat tinggi
Ilustrasi Masalah Pencernaan

B. Mengurangi Resiko Kanker Usus

     Kehidupan kita sehari-hari nggak bakal lepas dari zat-zat karsinogenik. Dari konsumsi makanan yang dibakar, menghirup polusi, hingga produk kecantikan yang kita gunakan sehari-hari. Zat karsinogen adalah pemicu penyakit kanker di dalam tubuh, contohnya kanker usus.

     Kanker usus terjadi ketika zat karsinogen menempel ke dinding usus dan mengaktifkan sel kanker pada usus. Kita dapat mencegah kenaikan resiko kanker usus dengan memperbanyak konsumsi serat. Serat larut air dapat menghalau zat karsinogen yang menempel. Saat bertemu air, serat larut air akan berubah menjadi gel. Nah, gel ini punya fungsi sebagai pelindung usus dari zat-zat tersebut. Zat yang nggak menyentuh dinding usus otomatis nggak akan diserap oleh usus sehingga bisa menyelamatkan kita dari resiko kanker usus. 

     Selain itu, fungsi serat tidak larut air akan menjaga keseimbangan bakteri dalam usus. Sehingga, keadaan dalam usus terjaga dengan baik.

C. Menjaga Berat Badan Ideal​

     Nutrisi terbagi menjadi dua, ada makro dan ada mikro. Makronutrien lebih banyak dibutuhkan oleh tubuh dan berfungsi sebagai penghasil energi. Makronutrien terdiri atas protein, karbohidrat, dan lemak sehat. Walaupun punya fungsi yang berbeda tapi ketiga nutrisi tetap saling berkaitan loh. Lalu, dimana serat berada?

     Serat termasuk sebagai jenis karbohidrat kompleks. Berbeda dengan karbohidrat sederhana, karbohidrat kompleks nggak bisa diserap sama tubuh, atau prosesnya sangat lama. Karbohidrat kompleks kebanyakan punya rantai molekul gula yang panjang banget sehingga sistem pencernaan hanya bisa mencerna. Meskipun nggak bisa diserap, serat tuh punya fungsi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Serat pun dibagi menjadi dua loh, ada serat larut dan tidak larut. Perbedaannya hanyalah serat tidak larut air cenderung susah untuk dilarutkan oleh air sehingga proses pencernaannya berbentuk utuh. Sedangkan, serat larut air akan berubah menjadi gel saat larut dalam proses pencernaan.

D. Membantu Mengendalikan Gula Darah​

     Ternyata, efek dari membuat kenyang lebih lama juga bisa membantu kita mengendalikan gula darah loh. Ini terbukti karena serat nggak bisa disederhanakan menjadi gula. Sehingga bisa mengontrol laju lonjakan darah dalam tubuh. Ketika tidak terjadi lonjakan gula darah maka akan mencegah terjadinya penumpukan lemak. Karena lemak kebanyakan berasal dari gula yang nggak bisa dikonversi menjadi energi.

     Makanya, banyak yang merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan berserat tinggi saat membuka jendela makan. Tentunya ini untuk mencegah terjadinya kenaikan lonjakan gula darah.

E. Memelihara Kesehatan Jantung​

     Makanan berserat tinggi bisa banget membantu kita untuk mengendalikan tekanan darah dan mengurangi peradangan, faktor kunci penyebab penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kebanyakan makanan berserat tinggi punya kandungan HDL atau kolesterol baik yang tinggi. Saat menuju hati, HDL akan mengangkut lemak-lemak yang berada pada saluran pembuluh darah sehingga membuat peredaran lebih lancar.

     Kebanyakan HDL atau kolesterol baik dapat ditemukan pada makanan berserat tinggi. Nah ada baiknya kita mengetahui tentang apa saja sumber makanan serat agar terhindar dari penyakit berbahaya.

3. Sumber Makanan Berserat​

     Makanan serat itu gampang banget kok kamu temukan. Dari berbagai jenis sumber serat ada 3 sumber makanan utama yang punya kandungan serat yang tinggi.

A. Sayur-sayuran

     Banyak banget yang bisa kamu temukan, dari sayur bayam sampai sayur kangkung. Bisa dibilang, setiap tumbuhan punya kandungan serat yang tinggi. Nggak heran, kalau sayuran bisa menjadi sumber serat tertinggi.

     Sesuai anjuran ahli gizi, seenggaknya kita bisa mengikuti anjuran metode piring T. Dalam metode ini, setengah dari satu porsi makan berisi sayuran. Diikuti oleh protein sebanyak seperempatnya dan sisanya karbohidrat sederhana seperti nasi. Tujuan anjuran ini memang untuk meningkatkan konsumsi serat sebagai salah satu aspek penting dalam kesehatan manusia.

Makanan berserat tinggi
Metode Piring T Versi Hotto

B. Buah-buahan

     Selain rasanya yang kebanyakan manis, buah-buahan juga punya kandungan serat yang cukup tinggi. Apel, pepaya dan pisang adalah contoh buah-buahan yang punya kandungan serat yang tinggi. Buah-buahan bisa jadi solusi kamu untuk meningkatkan mood dan kesehatan pencernaan yang baik.

C. Biji-bijian

     Selain sayur dan buah, salah satu makanan yang punya kandungan serat tinggi adalah biji-bijian. Fyi aja nih, kandungan serat pada biji-bijian termasuk tinggi loh. Sayangnya, banyak orang yang melupakan opsi biji-bijian sebagai sumber serat. Seperti kacang almond, hingga biji gandum akan membantu kesehatan usus kamu. 

     Mungkin salah satu alasan orang jarang mengonsumsi biji-bijian karena jarang atau susahnya menemukan olahan biji-bijian. Padahal, ada olahan biji-bijian yang sangat baik sebagai penunjang kebutuhan serat, Hotto Purto.

D. Hotto Purto, Alternatif Serat Tambahan​

     Sebagai alternatif serat tambahan, Hotto Purto terbuat dari 15 macam biji-bijian dan kacang-kacangan yang dikombinasikan oleh ubi ungu dan oat. Rasanya yang nggak terlalu manis cocok banget buat kamu konsumsi saat membuka jendela makan. Selain membuat kenyang lebih lama, pastinya juga membuat kesehatan pencernaan kamu lebih baik karena Hotto mengandung probiotik.

Makanan Berserat Tinggi
Hotto Purto Makan Berserat Tinggi

     Anjuran Hotto dikonsumsi dua kali sehari, saat pagi dan sore. Dapatkan Hotto segera di agen-agen terdekat di kota kamu atau kamu bisa klik link di sini.

     Serat adalah bentuk dari karbohidrat kompleks, salah satu senyawa yang banyak orang lupakan. Bahkan data dari Riskesdas membuktikan kalau hampir 90% orang di Indonesia kekurangan serat. Efek yang ditimbulkan bisa bermacam-macam, dari penyakit pencernaan hingga penyakit kronis yang meningkatkan risiko kematian. Sumber dari makanan berserat bisa kalian dapatkan dengan mudah, namun untuk memenuhi kebutuhannya yang susah. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhannya adalah dengan mengonsumsi Hotto Purto.